1,7 Juta Honorer Otomatis Diangkat Jadi ASN di 2024

1 7 juta honorer otomatis diangkat jadi asn di 2024 2c46174

kabarkutim.com.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Sumber Daya Negara dan Reformasi Organisasi (PANRB) bersama Komisi II DPR RI sepakat untuk mengangkat seluruh pejabat tinggi di pemerintahan menjadi pada tahun 2024. Diperkirakan seluruh non -Pegawai ASN saat ini sekitar 1,7 juta.

Kepastian tersebut diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Perkantoran Abdullah Azwar Anas usai rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Rabu (17/1/2024).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan perkiraan Badan PANRB, total pegawai Organisasi Data Kepemilikan Negara (BKN) pada tahun 2022 berjumlah 2.355.092 orang.

Jadi kontrak pemerintah dengan DPR ada 2,3 juta di database BKN. Itu yang sudah kami lakukan, kata Anas.

Sementara dari sekian banyak nominasi CASN, terdapat 570.054 non-ASN yang ditetapkan menjadi . Dengan demikian, masih ada 1,7 juta pekerja honorer pada tahun 2023.

Anas mengatakan, dari rekrutmen CASN 2023 tercatat masih ada 133.564 petugas honorer yang tidak lolos kualifikasi PPPK. Oleh karena itu, pemerintah pun menambah saham PPPK pada ajang CASN 2024.

“Yang 100 ribu belum masuk, jadi sebelum (dibentuknya PPPK di CASN 2024) jumlahnya 1,7 juta, harusnya 1,6 juta, karena yang 100 ribu sisanya tidak ada di pembentukan kemarin. “, jelasnya..

Selain itu, Anas memutuskan untuk mengangkat seluruh pejabat honorer yang tersisa di pemerintahan pada tahun ini, sesuai batas waktu pencoretan pada Desember 2024.

“Kalau tidak otomatis terpilih di bagian PPPK, harus dicopot semua, karena aturannya harus PPPK,” ujarnya.

Namun dipastikan seluruh petugas honorer otomatis berstatus PPPK. Namun tidak semuanya akan berstatus PPPK penuh, tergantung kemampuan anggaran perusahaan atau pemerintah daerah yang bersangkutan.

“Tapi tetap harus mengikuti seleksi seperti tahap awal, tapi nanti tidak berdasarkan pengambilan kelas, tapi berdasarkan jabatan. Kenapa mereka memasang jabatan? Semua daerah tidak punya uang. Oh ada honornya seperti 1.500 orang, Pemda punya uang berapa? Tidak semua orang punya uang,” jelasnya.

“Tapi otomatis statusnya nanti PPPK. Karena kalau tidak ada harus dicopot. Karena nanti punya nomor registrasi pekerja,” pungkas Anas.

Pemerintah telah membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CASN) berupa CPNS 2024 dan PPPK sekitar 2,3 juta orang. Rencananya, proses pembukaan akan dimulai pada pertengahan Maret 2024.

Plt Direktur Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto mengatakan, rekrutmen CPNS 2024 dan sekolah reguler rencananya akan dibuka selama tiga periode.

Tahap pertama akan dilakukan notifikasi kepengurusan dan seleksi. Seleksi CPNS dan sekolah kedinasan akan dimulai pada minggu ketiga Maret 2024, jelas Haryomo dalam rapat kerja Komisi II DPR RI, Rabu (17 /1/ 2020). 2024). Sementara itu, untuk seleksi keterampilan dasar (SKD) CPNS dan seleksi kerja akan dimulai pada minggu keempat bulan Mei.

“Setelah seleksi keterampilan dasar, selanjutnya seleksi keterampilan lapangan akan dilakukan pada minggu 1-4 Juli. Jadi pengumuman pertama kali akan dilakukan pada minggu ketiga Agustus 2024,” jelas Haryomo.

Selain itu, pada seleksi CASN 2024 tahap kedua rencananya akan dilakukan pengumuman dan seleksi pengurus CPNS dan PPPK pada minggu kedua bulan Juli.

Ditambahkannya, “Seleksi keterampilan dasar CPNS dan seleksi keterampilan teknis PPPK periode kedua akan dimulai pada minggu pertama Agustus hingga minggu pertama September,” imbuhnya.

Setelahnya, akan dilakukan Seleksi Keterampilan Lapangan (SKB) bagi peserta CPNS Tahap 2 pada minggu kedua bulan September hingga minggu ketiga bulan Oktober. Oleh karena itu, pengeditan dan pengumuman hasil pemilu tahap kedua akan dilakukan pada pekan 2 November 2024.

Sedangkan tahap 3 akan dilakukan pengumuman dan seleksi pengurus CPNS dan PPPK mulai minggu keempat Agustus. Kemudian, SKD CPNS dan SKT PPPK musim 3 akan dimulai pada minggu keempat Oktober hingga minggu ketiga November.

“Setelah SKD, seleksi keterampilan lapangan bagi peserta CPNS musim 3 akan dilakukan pada minggu keempat bulan November hingga minggu ketiga bulan Desember, sehingga pembuatan dan pengumuman seleksi musim 3 akan dilakukan pada minggu ketiga bulan Januari. (2025), katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *