20 Contoh Soal PTS, UTS Pendidikan Agama & BP Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka dan Kunci Jawaban

20 contoh soal pts uts pendidikan agama bp kelas 8 semester 2 kurikulum merdeka dan kunci jawaban 99b3362

kabarkutim.com.COM – Berikut contoh soal Ujian Tengah Semester (PTS) atau Ujian Tengah Semester (UTS) Mata Pelajaran Agama dan Karakter untuk Mata Pelajaran Mandiri SMP Semester 2 Kelas 8 beserta kunci jawabannya.

Contoh soal UAS, PAS untuk pelajaran agama dan Pembelajaran Karakter Kelas 8 Semester 2 terdiri dari 14 soal pilihan ganda dan 6 soal esai.

Contoh Soal PTS, UTS Studi Agama dan Karakter Kelas 8 Semester 2 Rencana Studi Mandiri dan Jawaban Soal Pilihan Ganda.

1. Perhatikan pesan berikut! (1) tidak membeda-bedakan latar belakang orang (2) menugaskan pekerjaan sesuai kemampuan (3) memberikan hak kepada pemiliknya (4) mempertimbangkan keseimbangan tertentu Dimensi adil yang mengacu pada proporsi terdapat pada bilangan…. Ke (1) dan (2) B. (1) dan (3) C. (2) dan (3)D.(3) dan (4)

Jawaban:C

2. Perhatikan ilustrasi berikut! Pada saat kegiatan pengabdian kepada masyarakat, membersihkan kelas Saat Fatima memimpin kelas, ia membagikan pekerjaan tersebut kepada teman-temannya.Anak-anak bertugas memindahkan meja dan kursi dan memasangnya kembali setelah membersihkan lantai. Sedangkan siswa bertugas menyapu dan mengepel lantai.Perspektif yang benar dari ilustrasi tersebut adalah….A. Fatimah tidak berlaku adil karena ia membuat perbedaan antara laki-laki dan perempuan. B. Fatimah tidak berlaku adil terhadap laki-laki karena ia memaksa mereka bekerja keras. C. Fatima adil karena semua orang mempunyai tugas yang sama dalam membersihkan Kelas D. Fatima adil dengan mempertimbangkan keseimbangan antara pekerjaan laki-laki dan perempuan.

Jawaban:D

3. Perhatikan ilustrasi berikut! Saat pelajaran berlangsung Samar-samar aku mendengar kabarkutim.com adzan. Mendengar azan, Yanto meminta izin keluar kelas untuk shalat zuhur. Menurut Yanto, salat zuhur di awal waktu merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW. Bagaimana penilaian yang benar terhadap sikap Yanto? Sikap A. Yanto ini benar karena mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Hal yang dilakukan Yanto benar karena telah meminta ijin salat zuhur. Hendaknya Yanto salat zuhur saat istirahat atau pada waktu yang ditentukan sekolah. Yanto termasuk orang yang moderat karena tidak melupakan kewajiban salat di sela-sela aktivitasnya sebagai siswa.

Jawaban:C

4. Perhatikan narasi berikut! Di awal wabah COVID-19 Banyak daerah yang tidak menyelenggarakan Salat Idul Fitri sebagaimana anjuran pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia. Tujuannya adalah menghentikan penyebaran Covid-19 dan mengendalikannya.Seberapa akurat penilaian terhadap kenyataan ini? Tidak melaksanakan salat Idul Fitri merupakan kebijakan keras yang terlalu mementingkan kehidupan duniawi.B. Pembatalan salat Idul Fitri merupakan sikap moderat umat Islam yang memilih menghindari bahaya Covid-19.C. Salat Idul Fitri tetap harus disalat. Karena hidup atau mati seseorang sudah ditentukan sebelumnya. Entah karena COVID-19 atau bukan, anjuran pemerintah tersebut tepat karena mengutamakan kepentingan kesehatan masyarakat dibandingkan kepentingan satu agama.

Jawaban:B

5. Perhatikan nama-nama berikut! (1) Ki Bakoes Hadigoesoemo (2) Kasman Sincodimedjo (3) Muhammad Hatta (4) Washid Hasyim (5) Suka Rno, nama tokoh Islam yang menyetujui penghapusan 7 kata pertama Pancasila demi persatuan dan kesatuan bangsa. Bangsa Indonesia, adalah bilangan ….A.(1), (2) dan (4) B. (1 ), (3) dan (4) C. (1), (3) dan (5) D.(1), (4) dan (5)

Jawaban: Satu

6. Perhatikan cerita berikut! Sore hari setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia Ada calon dari wilayah timur Indonesia yang menentang keputusan tersebut. Mereka “wajib menegakkan hukum Islam bagi pengikutnya.” Ambisi ini disampaikan kepada para pemimpin komunitas Muslim saat itu. Para pemimpin Islam akhirnya sepakat untuk menghapus tujuh kata tersebut dan menggantinya dengan Pancasila. Cara pandang bercerita yang benar adalah sejarah….A. Merupakan kegagalan perjuangan umat Islam untuk menjadikan Islam sebagai dasar negaranya. Hal ini menunjukkan bahwa para pemimpin Islam mempunyai sikap moderat dalam mengambil keputusan. Itu adalah pengkhianatan terhadap perjuangan umat Islam di Indonesia Timur. Ini menunjukkan hal itu sejak awal Kepentingan umat Islam di Indonesia selalu dikorbankan demi menghormati kelompok minoritas.

Jawaban:B

7. Mohon diperhatikan pesan-pesan berikut! (1) Tugas para nabi dan rasul adalah menjadi saksi di akhirat. (2) Ada orang yang tidak beriman kepada Allah karena tidak ada nabi yang diutus kepada mereka.(3) Di dalam Al-Qur’an banyak sekali nama nabi dan rasul yang disebutkan, namun yang diketahui hanya 25 saja.(4) Ada 25 nama. Nabi dan Rasul disebutkan dalam Al-Quran.(5) Allah SWT mengutus Nabi dan Rasul kepada setiap manusia. Banyak sekali pernyataan tentang nabi dan rasul yang sejati….A. (1), (2) dan (3) B. (1), (3) dan (4) C. (1), (3) dan (5)D.(1), (4) dan (5)

Jawaban:C

8. Perhatikan subtitle berikut ini! Di akhirat nanti akan diketahui siapa yang benar-benar mengikuti para nabi dan rasul. dan mereka yang mengaku hanya mengikuti nabi dan rasul. Namun pekerjaan mereka tidak menaati mereka. Hal ini berkaitan dengan salah satu tugas para nabi dan rasul. Kewajiban para nabi dan rasul yang disebutkan dalam kisah ini adalah… A. Kesaksian bagi umat-Nya B. Pembawa kabar baik C. Pemberi Peringatan D. Pengkhotbah

Jawaban: Satu

9. Mohon perhatikan pesan-pesan berikut! (1) Isi ajaran bersifat indrawi. (2) Isinya tidak bersifat materi. (3) Ajaran tepat pada waktunya. (4) Masuk akal bagi yang mau memahaminya. (5) Bukti-bukti nubuatan-Nya. Nabi Muhammad melihat mukjizat Al-Qur’an menurut nomor pesan….a. (1), (2) dan (3) B. (2), (3) dan (4) C. (2), (3) dan (5)D.(3), (4) dan (5)

Jawaban:D

10. Perhatikan soal selanjutnya! Para pemimpin suku Quraisy menawarkan kekayaan dan kekuasaan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Abu Thalib, sebagai imbalannya Nabi Muhammad SAW harus berhenti berdakwah. Sebagai seorang nabi Tidak mungkin Nabi Muhammad SAW Sallallahu ‘alayhi wa sallam akan menerima tawaran itu. Tidak mungkin seorang nabi meninggalkan misinya menyampaikan risalah yang Allah titipkan kepada umat manusia. Kisah ini menunjukkan sifat mustahil nabi, yaitu sifat….a. Gizib B. Kianat C. Kitman D. Balada

Jawaban:C

11. Perhatikan soal selanjutnya! Nabi Muhammad SAW pernah menerima hadiah buah lemon dari seorang wanita. Nabi kemudian memakan semua jeruk yang dibawa kepadanya. Setelah mengumpulkan semua jeruk Wanita itu pulang ke rumah dengan perasaan senang. Teman-temannya bertanya mengapa Nabi SAW tidak membagi jeruk kepada mereka. Nabi menjawab bahwa jeruk itu pahit. Jika Anda membagikannya kepada teman, tidak akan sia-sia atau mengecewakan si donatur. Kisah ini menunjukkan salah satu kebijaksanaan Jaiz terhadap para rasul. Artinya….A. Hal ini menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah manusia. Menunjukkan keunggulan pribadi Nabi Muhammad SAW, SawC memberikan pelajaran hukum syariah kepada temannyaD. Memberikan contoh dalam menghargai orang lain.

Jawaban:D

12. Simak baik-baik narasi berikut! Diantara para nabi dan rasul Ada seseorang yang bernama Nabi Ulul Azmi. Nabi Ulul Azmi mempunyai banyak keutamaan yang tercermin dari makna Ulul Azmi sendiri. Yang manakah di bawah ini yang tidak mempunyai arti penting dalam penuturan tersebut.. .g. daya tahan B. kekuatan C. daya tahan D. keteguhan

Jawaban:B

13. Mohon diperhatikan pesan-pesan berikut ini! (1) Terima semua permintaan pertemanan (2) Berikan pesan positif di dunia maya (3) Bagikan kata kunci hanya pada orang yang Anda percaya (4) Bagikan hanya pesan yang kebenarannya jelas (5) ) Jangan menyebarkan rumor yang mempermalukan orang lain Perilaku internet yang aman dan bertanggung jawab Ditemukan dalam nomor….ก. (1), (2) dan (3) B. (2), (3) dan (4) C. (2), (4) dan (5)D.(3), (4) dan (5)

Jawaban:B

14. Perhatikan ilustrasi berikut! Andi mempunyai hobi mengedit video. Ia bahkan mengikuti grup edit video di media sosial atas ajakan temannya, ternyata Andi sudah mendapat banyak teman. Tapi ada banyak hal yang tidak dia ketahui. Suatu hari ada nomor baru yang menghubungi nomor WhatsApp Andi setelah melacak nomor tersebut. Aku satu grup edit video bersama Andi, dia banyak bertanya tentang Andi, seperti umur, alamat, sekolah, dll. Sikap Andi yang percaya diri dan bertanggung jawab adalah…. Tanyakan kembali pada orang yang ditanya saat bertemu dan anda akan mendapatkan Informasi yang benar B. Memberikan informasi kepada penanya sesuai dengan situasi AndiC Abaikan saja atau minta maaf karena tidak dapat menyampaikan informasi pribadi. Tanggapi dengan informasi palsu karena bisa saja disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jawaban: Pertanyaan Esai

1. Jelaskan Ummatan Wasant dalam Q.S. al-Baqarah/2:143!

Jawaban: Ummataṃ wasthan artinya orang yang adil dan moderat. Keadilan dan moderasi berkaitan erat. Seseorang yang berkarakter rata-rata mampu bertindak adil. Sementara itu Beberapa orang akan mampu berperilaku adil bila mempunyai sikap netral.

2. Itu akan menjadi Ummatan. Bagaimana kabar Wasan Sebagaimana diberikan dalam Q.S. Al-Baqarah/2: 143!?

Jawaban : Tidak hanya mengandalkan materi saja. Namun kita juga tidak boleh membesar-besarkan masalah agama. Sehingga Anda akan berada di jalan tengah dalam menyeimbangkan keduanya.

3. Apa hubungan antara keadilan dan moderasi? Jelaskan dan berikan 2 contohnya!

Jawaban: Adil dan moderat memiliki arti yang sangat mirip. Orang yang berkarakter rata-rata berperilaku adil. Kelompok moderat menjaga urusan dunia dan akhirat tetap seimbang dan proporsional.Contoh: Saat rapat OSIS atau kegiatan kepanduan di luar sekolah. Seorang pelajar muslim yang moderat tidak akan mengabaikan kewajibannya untuk melaksanakan shalat lima waktu.

Saat salat berjamaah di masa wabah COVID-19 Padahal disunnahkannya shalat berjamaah untuk menjaga rukun shalat. Namun protokol kesehatan juga harus diperhatikan untuk menjaga jarak antar anggota jamaah.

4. Perhatikan ilustrasi berikut! Andi terbiasa berpuasa setiap hari Senin dan Kamis. Diseleksi oleh pengurus dan pengawas OSIS, Andi terpilih menjadi anggota tim berjalan. Jadwal latihan yang dijadwalkan empat kali dalam seminggu: Senin, Rabu, Kamis, dan Sabtu, tentu menjadi kendala bagi Andi: apakah tetap berpuasa saat latihan? Bagaimana menurut Anda, sikap moderat seperti apa yang dimiliki Andi?

Jawaban: Andy akan mengikuti program pelatihan yang telah disepakati. Padahal ia tetap menjalankan puasa sunah. (Guru dapat mengembangkan)

5. Perhatikan ilustrasi berikut! Asti sudah terbiasa berhijab sejak kelas 7 SD. Saat duduk di kelas 8, Asti mengikuti audisi grup nyanyi sekolah. Rombongan terdepan berjumlah lima orang, kebetulan hanya Asti yang berhijab. Pelatih kelompok menanyakan apakah Asti akan berhijab pada penampilan kelompok berikutnya, Asti pun merasa malu. Dia sangat senang bergabung dengan grup bernyanyi. Namun dia merasa berbeda karena dia sendiri yang berhijab. Dia menjadi semakin bingung. Karena ada pertanyaan tentang pelatihnya. Bagaimana menurut Anda, apakah Asti bisa bersikap moderat?

A: Asti bisa memakai hiasan kepala yang warnanya sama dengan rambut penyanyinya, yaitu hitam, dengan gaya yang elegan. (Guru dapat mengembangkannya)

6. Mengutus nabi dan rasul untuk menyampaikan risalah kepada umat manusia merupakan wujud rahmat dari Allah SWT.Apa yang dimaksud dengan risalah tersebut?

Jawaban : Melalui risalah para nabi dan rasul mendatangkan kebaikan dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat. Panduan untuk mengimani keberadaan Allah SWT dan kemudian mampu beribadah kepada-Nya dengan baik.

Penafian:

Artikel ini ditujukan hanya agar orang tua dapat membimbing proses belajar anaknya.

Sebelum melihat jawabannya Siswa harus menjawab sendiri terlebih dahulu. Kemudian gunakan artikel ini untuk mengedit pekerjaan siswa.

(kabarkutim.com.com, Vidya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *