5 Senjata Rusia yang Paling Ditakuti Ukraina, Amerika dan Sekutu

5 senjata rusia yang paling ditakuti ukraina amerika dan sekutu 0e1e454

JAKARTA – Perang antara Rusia dan masih terus berkecamuk. Meski sendirian, Rusia tidak takut musuh-musuhnya, dengan bantuan Amerika dan negara-negara lainnya, akan menyerangnya dari sisi yang berbeda.

Perang yang dimulai pada 24 Februari 2022 ini telah mengakibatkan ribuan korban jiwa dan luka-luka serta kerugian ekonomi yang sangat besar.

Bacaan Lainnya

Meski terus menerus memakan korban di kedua belah pihak, perlombaan senjata terkini dengan teknologi canggih terus melaju hingga mencapai kemenangan, membuat pertempuran antara Rusia dan Ukraina semakin intens.

Mulai dari artileri darat, tank terbaru, drone, rudal, kapal selam hingga jet tempur, semuanya dikerahkan di medan perang. Di antara sekian banyak senjata Rusia terdapat lima peralatan tempur yang membuat pihak lawan bingung dan gelisah. Fakta ini bertentangan dengan klaim NATO yang selalu memuji keunggulan senjatanya dibandingkan Rusia.

Melansir Sputnik, Kamis (28 Desember 2023), berikut 5 senjata Rusia yang meneror Ukraina, Amerika, dan sekutunya. 1. Sistem rudal Tor-M2

Meski Rusia pada akhirnya terbukti mampu mempertahankan supremasi udara atas Ukraina, hal itu bukanlah perkara mudah. Meskipun pengiriman jet tempur F-16 dari NATO ke Kyiv belum terwujud, jet tempur MiG-29 dan Su-27, helikopter serang Mi-24, dan helikopter angkut Mi-8 telah dikirimkan.

Selain itu, NATO juga telah mengirimkan drone pengintai dan penyerang lainnya, mulai dari Black Hornet Nano hingga pesawat besar Bayraktar TB2, drone serang Malloy Aeronautics T150 eVTOL, drone kamikaze Switchblade, dan amunisi pengintai Phoenix Ghost.

NATO juga memberi Ukraina rudal Storm Shadow dan SCALP EG, rudal GMLRS yang dibantu oleh GPS dan sistem navigasi inersia, serta amunisi mematikan dan sulit dideteksi lainnya.

Namun kenyataannya, seluruh dukungan sistem persenjataan di atas tidak mampu menggoyahkan Rusia. Militer Rusia masih mampu menghadapi ancaman multifaset dari kemampuan udara, rudal dan drone NATO, pertahanan udara, drone dan rudal Ukraina. Rusia terbukti efektif menangkal segala serangan, salah satunya berkat sistem rudal Tor.

Itulah sebabnya Alexei Leonkov, seorang analis militer terkemuka, menempatkan sistem rudal Tor di antara senjata terbaik Rusia. “Sistem pertahanan udara Tor-M2 telah menunjukkan kinerja luar biasa dalam menembak jatuh UAV musuh,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa menurut statistik yang diperbarui setiap hari oleh Kementerian Pertahanan Rusia, dua pertiga UAV musuh dihancurkan oleh sistem ini. Dengan kata lain, sistem ini telah membuktikan dirinya dan mengukuhkan segala kehebatannya. “Ini menunjukkan kemampuannya untuk menembak jatuh segala jenis drone, baik secara langsung di garis depan maupun di daerah sekitarnya,” kata Leonkov.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *