6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

6 cara ampuh dan mudah bersihkan mika lampu mobil yang kusam 95551b2

Jakarta, 25 April 2024 – Lampu mobil merupakan salah satu faktor penting karena menyangkut keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya. Namun seringkali penerangannya kurang maksimal karena mika lampu mobil lemah.

Apalagi mika yang kusam membuat mobil menjadi kusam dan kurang indah. Soalnya mika pada lampu sering kali menguning, sehingga sangat penting untuk menjaga kebersihan mika pada lampu.

Beberapa faktor seperti cuaca, debu, hujan, polusi udara dan usia kendaraan dapat menyebabkan mika lampu menjadi gelap. Jangan sampai faktor-faktor tersebut membuat lampu mika kusam karena kurang perawatan.

Ada beberapa bahan sederhana yang bisa membersihkan mika kusam pada lampu depan mobil. Dilansir dari situs resmi Suzuki, berikut cara dan bahan menghilangkan kusam pada mika lampu depan mobil:

1. Pasta gigi

Siapa sangka pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan mika pada lampu depan mobil? Yang Anda butuhkan hanyalah air bersih, pasta gigi, dan kain mikrofiber.

Oleskan pasta gigi secara merata pada permukaan mika bohlam. Duduklah beberapa menit terlebih dahulu. Lap dengan microfiber, lalu bilas dengan air bersih dan lap kembali dengan microfiber.

2. Losion pengusir nyamuk

Selain pasta gigi, Anda juga bisa menggunakan losion pengusir nyamuk untuk membersihkan mika lampu yang kusam dan menguning. Bahan ini diklaim cukup ampuh membersihkan mika ringan kusam, cara pengaplikasiannya mirip pasta gigi.

3. Amplas halus

Bahan lain yang bisa digunakan adalah amplas halus. Caranya adalah dengan membasahi amplas dan mika lampu dengan air bersih. Selanjutnya, amplas permukaan mika lampu dengan hati-hati. 

4. Cuka

Cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan kaca lampu yang kusam. Anda bisa mencampurkan 3 sendok makan cuka dengan 1 liter air. Sediakan juga 2 buah kain microfiber dan spray. Campurkan air dan cuka dalam botol semprot, lalu semprotkan pada mika lampu. Bersihkan secara lembut dengan kain mikrofiber. 

5. Majemuk

Senyawa tersebut berfungsi menghilangkan oksidasi pada plastik, kaca, atau lampu depan mobil. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya pada mobil dan menggosoknya secara vertikal (atas dan bawah) secara perlahan menggunakan kain lembut.

6. Cairan pembersih khusus

Cara membersihkan mika lampu yang gelap paling efektif adalah dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Anda bisa mendapatkannya di tempat cuci mobil atau toko onderdil mobil. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih khusus pada permukaan yang ingin dibersihkan. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan kain mikrofiber yang lembut. Ariel Noah pamer motor pertamanya, Suzuki RGR 150 Ariel Harley-Davidson, BMW, Honda CT125, motor Suzuki Shogun. Namun motor pertama pelantun Nova tersebut, yakni Suzuki RGR 150 kabarkutim.co.id, pada 1 Juli 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *