6 Resep Mendol Tempe yang Lezat dan Gurih, Camilan Khas Malang

6 resep mendol tempe yang lezat dan gurih camilan khas malang 76664fd

kabarkutim.com.com, Jakarta Tempeh Mendo merupakan salah satu jajanan yang tidak hanya enak dan lezat, tapi juga mudah dibuat. Iris tempe tipis-tipis, lumuri dengan tepung bumbu, campuran tempe mentol, lalu goreng hingga berwarna cokelat keemasan. Hasilnya adalah jajanan yang renyah di luar dan lembut di dalam, sehingga menciptakan pengalaman kuliner yang memikat bagi siapa pun yang mencicipinya.

Rasa asin tempe yang unik dipadukan dengan lapisan adonan yang renyah menjadikan Tempeh Mondo pilihan camilan yang tak terlupakan. Ini memberikan tekstur sempurna di setiap gigitan, menciptakan perpaduan yang renyah dan halus. Malang Temp yang khas ini memiliki rasa yang menggoda dan bahan-bahan yang mudah didapat, menjadikannya pilihan camilan ideal untuk segala acara.

Bacaan Lainnya

Berikut kabarkutim.com.com, Selasa (7/5/2024) mengulas resep Mondo Tempeh kental dari berbagai sumber.

Bahan: 200 gram tempe, 1 butir telur, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, 4 cabai, garam secukupnya, 2 lembar daun lemon, ½ sdt kaldu ayam bubuk

Cara membuat: Potong tempe menjadi beberapa bagian. Lalu cuci dan kukus selama 15 menit. Haluskan bumbu halus seperti bawang putih, bawang bombay, daun jeruk dan cabai. Setelah tempe matang, haluskan bersama bumbu. Tambahkan garam dan kaldu ayam bubuk. Aduk hingga rata. Tambahkan telur dan kocok hingga rata, lalu ambil 1 sendok makan adonan dan bentuk menjadi bola. Gunakan sisa adonan untuk membuat ini. Goreng tempe mint hingga berwarna cokelat keemasan. Jika sudah matang, angkat. Tempe mendo siap dihidangkan.

2. Resep Tempe Daun Jeruk Mint

Bahan: 200 gr tempe hampir tengik 100 gr tempe segar

Bumbu : 6 siung bawang merah 2 siung bawang putih 3 cm lengkuas 3 lembar daun jeruk 1 cabai merah 2 cabai 1 sdt garam 1 sdt sop jamur

Cara membuat: Hancurkan seluruh tempe, sisihkan. Campurkan bumbu kecuali daun jeruk purut. Buang bagian tengah daun dan potong tipis-tipis. Campur tempe dengan bumbu halus dan daun jeruk. Campur dengan baik. Ambil bola dan bentuk menjadi oval. Lakukan hingga adonan habis. Panaskan minyak lalu goreng mentol perlahan agar tidak pecah atau hancur. Jangan terlalu sering dibalik, cukup dibalik sekali setelah digoreng hingga berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Menthol bisa dinikmati sebagai lauk atau camilan.

3. Resep Tempe Mendo Malang

Bahan: 300 gr tempe matang

Bumbu halus : 3 siung bawang putih 3 siung cabai 2 lembar daun jeruk, tanpa tulang 1 lengkuas 1 sdt garam 1 sdt ketumbar 1 sdt

Cara membuat: Kukus tempe selama 15 menit, lalu haluskan selagi panas. Haluskan atau haluskan bumbu hingga halus namun jangan terlalu halus, lalu campurkan dengan tempe. Ambil segenggam dan biarkan mengental. bertahan sampai akhir. Panaskan minyak lalu tumis mentol hingga matang. Jangan sering diaduk dan goreng hanya 3-4 biji saja agar tidak rontok saat menggoreng. Jika bagian luar sudah kecoklatan dan kering, angkat. Menthol dapat digunakan sebagai camilan atau lauk.

Bahan: 150 gr tempe 2 bawang bombay 2 siung bawang putih 3/4 lengkuas 2 cabai merah 10 cabai rawit 1 sdm tepung terigu 3 lembar daun jeruk, tanpa tulang, garam dan gula pasir.

Cara pembuatan: Potong tempe, sisihkan. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas, garam dan gula. Tambahkan daun jeruk tumbuk dan tempe. Aduk semua bahan hingga rata. Tambahkan tepung dan aduk kembali. Cicipi dan tambahkan sisanya. Pilih mentol. Panaskan minyak dan goreng mentol dengan api sedang. Goreng hingga matang, tiriskan dan sajikan.

5. Resep Tempe Mondo Renyah

Bahan: 1 piring saus kacang hitam, 2 sendok makan tepung beras, garam, kaldu jamur secukupnya

Bumbu halus 3 siung bawang putih 1 lengkuas 1 daun jeruk, tanpa tulang 1 paprika merah 4 cabai rawit merah 1/2 sendok teh daun ketumbar

Cara pembuatan: Potong tempe menjadi beberapa bagian dan rebus terlebih dahulu. Sambil menunggu tempe dikukus, haluskan semua bumbu. Lalu, campurkan tempe yang sudah matang dengan bumbu halus. Hancurkan dan haluskan themba dengan masala parut. Masukkan tepung beras, garam, dan kaldu bubuk ke dalam adonan tempe. Campur dengan baik. Lalu bentuk menjadi lonjong hingga menjadi kepalan tangan. Panaskan minyak. Tumis mentol hingga matang. Jangan terlalu sering dibalik sampai hancur ya. Angkat dan tiriskan.

6. Resep Tempe Mondo Enak

Bahan: Lao Tempeh/Dou Dou Tempeh 450 g tepung tapioka 1 sdt bawang putih bubuk 1/2 sdt kaldu 1/4 sdt lada putih 1/2 sdt jahe cincang 2 sdt cabai bubuk 1/4 sdt garam 6 lembar daun jeruk, cincang 2 seledri, cincang, minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara pembuatan: Potong tempe kecil-kecil lalu tumbuk kasar. Masukkan tempe yang sudah kecambah ke dalam wadah, lalu masukkan bumbu halus, daun lemon cincang, dan seledri. Campur dengan baik. Setelah tercampur rata, ambil adonan secukupnya lalu gulung hingga berbentuk bulat pipih. Lakukan terus hingga adonan tempe habis. Panaskan minyak lalu tumis mentol hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Tahu hitam khas Malang siap dihidangkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *