Amankah Mengisi Ban Baru dengan Nitrogen? Ini Penjelasannya

amankah mengisi ban baru dengan nitrogen ini penjelasannya 0357d68

kabarkutim.com.com, Jakarta – Mengisi dengan sudah menjadi hal yang lumrah bagi pemilik mobil. Sebab, penggunaan nitrogen disebut-sebut memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah membuat tekanan ban lebih stabil.

Selain itu, nitrogen juga dapat menjaga suhu ban agar tidak terlalu panas. Namun jika Anda sudah mengganti ban sepeda motor, sebaiknya jangan langsung mengisinya dengan nitrogen, kenapa?

Bacaan Lainnya

Sebab membutuhkan panas penuh agar lapisan wax pada ban bisa cepat hilang. Di sisi lain, nitrogen memiliki sifat mendinginkan, sehingga suhu yang dibutuhkan ban tidak akan terpenuhi.

Selain membutuhkan panas dari permukaan aspal, ban juga membutuhkan panas dari dalam. Meskipun nitrogen pada dasarnya bersifat dingin, ban baru perlu didinginkan dengan cepat.

Jadi jika nitrogen digunakan, ban tidak akan mampu memenuhi suhu yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, untuk ban sepeda motor baru disarankan untuk mengisi ban dengan udara normal. Karena udara normal tidak mempunyai sifat mendinginkan, ia menghantarkan panas lebih cepat dari dalam.

Sebagian orang kerap memanfaatkan libur Natal dan Tahun Baru untuk jalan-jalan atau perjalanan jauh. Kendaraan yang paling sering digunakan adalah sepeda motor, sebagai alat transportasi yang praktis dan murah.

Namun jangan lupa, usai pesta usai, pemilik roda dua perlu melakukan perawatan. Sebab, setelah menempuh perjalanan jauh, kemungkinan besar kondisi sepeda motor yang Anda kendarai sudah tidak prima lagi.

Disarankan kepada pemilik kendaraan untuk meningkatkan performa sepeda motornya setelah perjalanan.

Menurut Antonius Widiantoro, Asst. Marketing-Public Relations Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), bagi pemilik sepeda motor yang memanfaatkan libur natal dan tahun baru untuk melakukan perjalanan jauh agar kendaraannya bekerja lebih keras, sebaiknya dilakukan pemeriksaan dengan benar. Dan pemeliharaan itu perlu. Sebelum kendaraan melanjutkan rutinitasnya. setiap hari

Sebab, kondisi dasar sebuah sepeda motor menjadi salah satu faktor yang menunjang keselamatan dan kemudahan berkendara, kata Anton dalam keterangan resminya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *