Anies Janjikan Konseling Online: Kita Ingin Masyarakat Sehat Mental

anies janjikan konseling online kita ingin masyarakat sehat mental 9fd4751

kabarkutim.com.com, Jakarta menjadi salah satu isu yang menjadi agenda calon presiden nomor urut 1 . Menurut , masyarakat harus sehat secara mental, bukan hanya fisik.

Upaya menjanjikan Anies dalam mendukung kesehatan mental masyarakat Indonesia adalah dengan hadirnya . Ide tips ini bermula dari pengalaman melihat DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya

“Kita ingin masyarakat mempunyai kesehatan jiwa, maka salah satunya dengan mengajar konselor kesehatan jiwa di puskesmas dan layanan konseling online,” kata Anies dalam sesi “Diskusi Nasional Pembangunan Kesehatan Indonesia bersama perwakilan Presiden dan Wakil Presiden. Presiden ( Presiden. Calon) ” di Hotel Bidakara Jakarta pada Selasa 16 Januari 2024.

“Kemudian Anda bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang ada. Itu kita lakukan di Jakarta,” tuturnya. Siapkan aplikasi pemeriksaan kesehatan online

Pengalaman Anies di Jakarta dimulai di 23 Puskesmas dengan menggunakan aplikasi asesmen kesehatan online.

“Kami memulai dengan 23 Puskesmas dan menyiapkan aplikasi asesmen kesehatan online, siapa pun warga Jakarta bisa melakukan (assesmen) secara mandiri menggunakan ponsel untuk kesehatan mentalnya,” jelasnya.

Berdasarkan apa yang dilakukan di Jakarta, masyarakat yang ditemukan memiliki gangguan kesehatan jiwa pada hasil skrining bisa langsung mendapatkan layanan konseling gratis.

Namun, Anies Baswedan tidak menjelaskan secara rinci apa saja metode skrining untuk mengetahui seseorang memiliki gangguan jiwa.

“Dan jika ditemukan gejala-gejalanya (masalah kejiwaan), bisa datang langsung ke kami untuk mendapatkan layanan gratis terkait kesehatan jiwa dan itu bukan hanya kesehatan fisik, tapi kesehatan jiwa,” jelasnya.

Anies Baswedan kembali menegaskan kesehatan mental harus menjadi perhatian. Ia juga menyoroti persoalan pengembangan taman sebagai ruang publik.

Dengan hadirnya taman, masyarakat dapat memanfaatkan ruang tersebut untuk beraktivitas fisik.

“Di Jakarta misalnya, kita ingin kesehatan jiwa menjadi perhatian dan membangun taman sebagai ruang publik untuk bekerja, berkolaborasi, ini bagian dari upaya menjaga kesehatan,” lanjut Anies. Mengurangi kekuatan penyakit kertas yang diam-diam

Selain itu, Anies juga berjanji akan membangun transportasi umum untuk mengurangi emisi karbon.

“Untuk mengurangi risiko penyakit pernafasan. Jadi metode promosi, pencegahan, dan pengobatan ini kami lakukan bukan hanya dengan cara industri, tapi dengan cara kebijakan secara keseluruhan,” tambahnya.

“Jadi kesehatan masyarakat tidak hanya dipengaruhi oleh kebijakan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, tetapi juga ditentukan oleh sektoral.”

DKI Jakarta kini dapat menggunakan E-Jiwa dan Sahabat Jiwa untuk melakukan skrining, deteksi dini, dan konsultasi kesehatan jiwa. Layanan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

“Manfaatkan sumber daya yang dikembangkan Dinas Kesehatan, ada E-Jiwa Sahabat Jiwa, manfaatkan sebaik-baiknya,” kata Ketua Bidang Pengembangan Pelayanan Pertama Distrik IDI DKI Jakarta, Dr. Verry Adrian, M.Epid di dunia nyata, Jakarta, Rabu (10/12/2022).

Verry mengatakan skrining dan deteksi dini terhadap masalah kesehatan mental sangatlah penting, mengingat pandemi telah membawa banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan mental.

“Kita perlu melakukan tes dan deteksi dini terhadap kesehatan mental. Jangan sampai terjadi hal-hal negatif karena (masalahnya) tidak ditangani dengan baik,” ujarnya.

E-Jiwa adalah layanan yang dikembangkan untuk membantu masyarakat mendiagnosis atau mendiagnosis kesehatan mental secara mandiri. Salah satu metode yang digunakan adalah SRQ-29.

“Caranya sangat sederhana, cukup jawab pertanyaan dengan jujur. Hasilnya akan menunjukkan kita termasuk dalam kategori apa,” tambah Verry.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *