Aplikasi Pencari Ikan di Laut Bantu Nelayan Bali, Karya Yoga Pratama

aplikasi pencari ikan di laut bantu nelayan bali karya yoga pratama 7fb59a5

Bali – Fish Go yang dipelopori oleh I Gede Merta Yoga Pratama merupakan teknologi pencarian ikan dengan menggunakan navigasi. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat sekitar agar lebih mudah mendapatkan ikan.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Yoga Pratama dapat mengidentifikasi potensi tempat dan waktu penangkapan ikan sehingga meningkatkan jumlah hasil tangkapan nelayan. Aplikasi Fish Go juga didukung dengan teknologi penginderaan jauh dan oseanografi.

Aplikasi peraih Apresiasi SATU Indonesia Awards dan menjadi motor penggerak Kampung Berseri Astra dalam Astra Pewarta Award 2023 ini, tidak hanya mengetahui keberadaan ikan, tetapi juga dapat mengidentifikasi jenis ikan di laut dalam.

Tak sendirian, ia bersama sembilan rekannya mengembangkan aplikasi ini dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup para nelayan di sana. Hal ini juga membantu nelayan untuk melihat pergerakan ikan dan memprediksi cuaca secara akurat.

Selain itu, para nelayan akan menggunakan bahan bakar tersebut sesuai dengan kebutuhan kapal, sehingga tidak ada yang terbuang sia-sia. Pria yang akrab disapa Yoga Pratama ini mengatakan: “Potensi kelautan dan perikanan di Indonesia begitu besar sehingga tidak boleh disia-siakan.”

Yoga mengaku mendapat inspirasi pembuatan aplikasi ini dari game Pokemon Go. Dalam game ini, mereka harus berlari mencari Pokemon untuk ditambahkan ke koleksi mereka.

Tidak mudah bagi Yoga untuk mengembangkan aplikasi yang dibutuhkan para nelayan tersebut. Pasalnya, ia harus melakukan penelitian lapangan hingga berhasil mempublikasikan Fish Go pada tahun 2017. Ia juga dikenal memiliki kemampuan memetakan ikan di laut.

Proses pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan para nelayan Bali dalam menangkap ikan, karena saat ini proses penangkapan ikan masih dilakukan secara tradisional dan hal ini menyebabkan para nelayan membuang-buang waktu.

Toh, mereka harus menyibukkan otak untuk mencari ikan sambil memancing. Saat ini aplikasi ini digunakan oleh sekitar 50 nelayan. Mereka mengakui penangkapan ikan meningkat dari 90 kg per hari menjadi 100 kg per hari. Selamat datang di Tahun Naga. Nikmati liburan dengan penerbangan mulai dari Rp 0! Mulai saat ini hingga 26 Februari 2024, Vietjet menawarkan ratusan ribu tiket Eco-Class dengan harga mulai Rp0. Destinasi liburan apa saja yang bisa Anda kunjungi? kabarkutim.com.co.id 21 Februari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *