BMKG: Waspadai Potensi Gelombang Tinggi Hingga Awal 2024

bmkg waspadai potensi gelombang tinggi hingga awal 2024 83fab5f

kabarkutim.com.CO.ID JAKARTA – Badan Meteorologi dan Geologi () mengimbau masyarakat mewaspadai potensi gelombang setinggi 4 meter di perairan Indonesia mulai 31 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

BMKG Eko Prasetyo, Direktur Pusat Meteorologi Kelautan BMKG Jakarta, Sabtu (30/12/2023) mengatakan, “Kami mengimbau masyarakat yang tinggal dan bekerja di pesisir pantai sekitar kawasan air pasang untuk waspada.” “.

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan pola angin di wilayah utara Indonesia umumnya dari timur laut ke timur dengan kecepatan angin 4-20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan 4-25 knot.

Kecepatan angin tertinggi di terpantau di sebelah barat Lampung selatan Banten, jelasnya.

Eko Prasetyo mengatakan, situasi tersebut berpotensi menimbulkan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di perairan utara Sabang, barat Aceh, barat Simeulue hingga perairan Mentawai pulau. Perairan Enggano Bengkulu ke. Lampung Barat, Samudera Hindia bagian barat, Aceh hingga Pulau Mentawai, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Banten bagian selatan hingga Jawa, Selat Bali-Badung-Lombok-Alas-Sape bagian timur, Selat Sumba bagian selatan Barat, Sawu Selatan, Samudera Hindia Selatan, Jawa hingga Sumba .

Lalu Laut Natuna, Anambas utara hingga Natuna, Subi hingga Serasan, Sambas hingga Natuna utara, Sulawesi, Sangihe timur. Kepulauan Talaud, Perairan Sitaro, Laut Maluku bagian utara, perairan Halmahera bagian utara, Laut Halmahera dan Samudera Pasifik, Halmahera bagian utara hingga Biak.

Di Samudera Hindia sebelah barat Bengkulu hingga Lampung terjadi 2,5-4 meter.

Melihat , Iko Prasetio mengimbau masyarakat khususnya nelayan untuk mewaspadai risiko serius keselamatan pengangkutan, seperti cara pengangkutan dengan perahu nelayan (kecepatan angin 15 derajat dan tinggi gelombang 1,25 m ) . Berlayar (kecepatan angin 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 m).

Kemudian kapal feri (kecepatan angin 21 knot dan tinggi gelombang 2,5 meter). Dan kapal yang lebih besar, seperti kapal kargo/yacht (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang lebih dari empat meter).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *