BPBD Kutim Adakan Pembinaan Relawan MAP di Kecamatan Kaubun » Kutim Post

BPBD Kutim Adakan Pembinaan Relawan MAP di Kecamatan Kaubun

KUTIMPOST.COM, Kaubun, BPBD Adakan Pembinaan Relawan MAP di Kecamatan Kaubun – Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kabupaten (Kutim) mengadakan pembinaan relawan Pemadam Kebakaran (Damkar), Masyarakat Peduli Api (MPA), di Desa Bumi Jaya dan Desa Bumi Rapak, Kecamatan Kaubun. Rabu (3/8/2022).

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD, Muhammad Idris Syam, melalui Plt. Kabid PK BPBD Kutim, Awang Ari Jusnanta mengatakan, tujuan dari pembinaan relawan Masyarakat Peduli Api adalah untuk memberikan informasi dan mengedukasi warga agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Bacaan Lainnya

“Harapannya dengan pembinaan MPA ini, relawan bisa membantu penanganan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di daerah atau desa masing-masing,” tutur Awang melalui saluran telepon. Rabu (3/8/2022).

BPBD Kutim Adakan Pembinaan Relawan MAP di Kecamatan Kaubun

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) merupakan hal yang harus dicegah, pada umumnya karhutla terjadi saat musim kemarau sehingga tanaman menjadi sangat kering dan mudah terbakar.

Saat terjadi kebakaran hutan dan lahan, kesiapan dan kesigapan menjadi hal yang utama. Penanganan pertama perlu dilakukan sejak titik api muncul agar tidak membesar dan menyebar. Kesiapan dan kesigapan ini tentunya membutuhkan sinergi dari pihak terkait.

Sebelum terjadi karhutla, berbagai langkah dapat dilakukan untuk melakukan pencegahan. Diperlukan koordinasi yang dibangun terutama dengan masyarakat sekitar, karena masyarakat sekitarlah yang paling dekat dengan lokasi dan dapat bertindak dengan segera.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kaubun, Kabid RR BPBD Kutim, Kapolsek Kaubun, KPHP Bengalon, Manggala Agni KAL/VIII/Sangkima, Pimpinan PT.GAM, PT. LKU, PT. GUNTA SAMBA, PT. INDEXIM COALINDO, PT. MPI, Mahasiwa KKN dari UGM, Peserta MPA Desa Bumi jaya dan Desa Bumi Rapak Kecamatan Kaubun.

Kabar Kutim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.