Bukan Asam Sulfat Seperti yang Disebut Gibran, Ini Pentingnya Asam Folat bagi Ibu Hamil

bukan asam sulfat seperti yang disebut gibran ini pentingnya asam folat bagi ibu hamil 27ebe68

kabarkutim.com Lifestyle – Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan pernyataan calon Wakil Presiden Nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang salah menyebut asam folat sebagai asam sulfat. Padahal, kedua hal ini sangat berbeda, apalagi ibu hamil menjadi salah satu sasaran wakil presiden.

Seperti yang Anda ketahui, pemeriksaan kehamilan sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan bayi baru lahir. Kantor Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Departemen Kesehatan AS mencatat bahwa bayi yang lahir dari ibu yang tidak menerima perawatan prenatal yang memadai memiliki kemungkinan tiga kali lebih besar untuk mengalami berat badan lahir rendah dan lima kali lebih besar kemungkinan meninggal dibandingkan bayi yang lahir dari ibu yang lahir prematur. Perawatan yang memadai. Gulir untuk informasi lebih lanjut.

Saat itu, Institut Nasional Kesehatan Anak dan Pembangunan Manusia mengatakan kehamilan juga meningkatkan peluang kehamilan yang sehat bagi ibu. Perawatan ini tersedia dalam berbagai cara, termasuk pemeriksaan rutin ke dokter, menghindari aktivitas dan zat yang berpotensi membahayakan seperti merokok atau minum alkohol, dan memastikan pola makan Anda kaya nutrisi.

Di antara nutrisi terpenting yang selalu dianjurkan dokter selama kehamilan adalah folat dalam bentuk asam folat.

Folat adalah nutrisi yang larut dalam air yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik. Joel Mason, direktur tim vitamin dan karsinogenesis di Pusat Penelitian Nutrisi Manusia Jean Mayer USDA tentang Penuaan di Universitas Tufts, mengatakan manfaatnya termasuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan membantu mencegah perkembangan kanker umum, seperti kanker usus besar. Folat juga membantu mencegah penyakit kardiovaskular, infertilitas, stroke, demensia, dan penyakit Alzheimer.

Folat juga sangat penting untuk pembentukan DNA dan RNA, asam nukleat yang ada di semua sel hidup. Dalam peran ini,

“Folat sangat penting selama pertumbuhan sel yang cepat, terutama selama kehamilan, karena fungsi folat yang penting, terutama dalam perkembangan kesehatan otak dan tulang belakang anak, penting untuk mencegah cacat lahir,” Adam Dengler, ahli diet terdaftar di Center for Human Nutrisi di Klinik Cleveland, dilansir laman USAToday, Rabu 6 Desember 2023.

Apa yang menjadikan folat sebagai nutrisi unik adalah suplemen sintetiknya, asam folat, diserap lebih baik daripada folat yang diperoleh secara alami dari sumber makanan, menurut Harvard Medical School. Inilah sebabnya mengapa asam folat menjadi bentuk yang paling direkomendasikan untuk ibu hamil.

Apakah folat sama dengan vitamin B12?

Meskipun merupakan nutrisi penting dalam keluarga vitamin B, folat bukanlah vitamin B12. Di sisi lain, folat sama dengan vitamin B9. Vitamin B yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda, namun asam folat bekerja sama dengan vitamin B2, B6, dan B12 untuk melakukan banyak fungsi kesehatan.

Misalnya, Dengler mencatat bahwa interaksi folat dengan vitamin B12 membantu mengubah makanan menjadi energi dan menjaga kesehatan kulit dan sistem saraf kita.

Salah satu fungsi terpenting asam folat sebagai vitamin B adalah mencegah anemia. Anemia adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat, yaitu sel yang membawa oksigen ke organ dan jaringan.

“Kelelahan, sesak napas, dan lemas bisa menjadi tanda anemia,” kata Dengler.

Makanan apa saja yang mengandung folat?

Untuk mencegah masalah tersebut dan memastikan kesehatan prenatal dan umum yang optimal, penting untuk memasukkan makanan kaya folat ke dalam makanan harian Anda. Asam folat ditemukan dalam banyak makanan seperti asparagus, kubis Brussel, alpukat, kacang polong, kacang-kacangan dan brokoli, namun asam folat sangat tinggi pada sayuran hijau tua seperti bayam.

Selain mengonsumsi makanan kaya folat, Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan seluruh wanita usia subur untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per hari. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dalam bentuk pil atau suntikan, namun Dengler mengatakan banyak makanan yang diperkaya dengan nutrisi untuk lebih mendukung kesehatan.

“Roti, nasi, tepung, sereal, dan pasta seringkali kaya akan asam folat”, relawan muda Prabowo Gibran meminta tiga inisiatif besar di Indonesia Relawan muda Prabowo-Gibran melaksanakan dan meluncurkan tiga proyek utama yang disebut “Besar. push’ dalam proyek pembangunan masa depan Indonesia kabarkutim.com.co.id 5 Jan 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *