Bukan Listrik, Ini Sumber Energi Kendaraan Masa Depan

bukan listrik ini sumber energi kendaraan masa depan 7319423

AMERIKA SERIKAT, 13 November 2023 – Selama bertahun-tahun, kendaraan listrik disebut-sebut sebagai pilihan tepat untuk kendaraan ramah lingkungan di masa depan. Namun hidrogen mulai mendapat perhatian sebagai alternatif.

Hidrogen memiliki banyak keunggulan dibandingkan listrik. Pertama-tama, ia memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi, yang berarti kendaraan bertenaga hidrogen memiliki jangkauan yang lebih jauh dibandingkan kendaraan listrik dengan ukuran baterai yang sama.

Kedua, hidrogen dapat diisi ulang dengan cepat, dalam waktu lima menit. Keunggulan tersebut menarik perhatian berbagai industri, antara lain balap, transportasi, dan permesinan industri.

Di dunia balap, hidrogen telah muncul sebagai kandidat yang menarik untuk menggantikan mesin pembakaran internal berbahan bakar fosil, kata kabarkutim.com Otomotif dari Carscoops.

Hidrogen dapat memberikan kinerja yang sebanding atau lebih baik dibandingkan mesin pembakaran internal dengan emisi yang jauh lebih rendah.

Toyota merupakan salah satu pionir dalam memproduksi hidrogen di dunia balap. Perusahaan telah menguji mobil hidrogen di beberapa balapan, termasuk Le Mans dan Super GT.

Hidrogen mempunyai potensi untuk mengubah industri transportasi. Truk bertenaga hidrogen menawarkan jangkauan yang lebih luas dibandingkan truk listrik, sehingga sangat penting untuk aplikasi seperti truk jarak jauh dan bus.

Selain itu, hidrogen dapat diisi dengan cepat, hal ini penting bagi truk yang beroperasi di tempat yang jauh dari infrastruktur pengisian daya.

Hidrogen berpotensi menjadi alternatif pengganti listrik yang cocok di berbagai industri. Keunggulannya seperti kepadatan energi yang tinggi, waktu pengisian yang cepat, dan emisi yang rendah menjadikannya pilihan menarik untuk aplikasi yang memerlukan jangkauan jauh dan kinerja cepat.

Namun, masih banyak tantangan yang harus diatasi sebelum hidrogen dapat dimanfaatkan sepenuhnya. Salah satu tantangan tersebut adalah biaya produksi yang saat ini lebih mahal dibandingkan listrik.

Tantangan lainnya adalah biaya infrastruktur. Infrastruktur pengisian hidrogen belum seluas infrastruktur pengisian listrik. Jika tantangan-tantangan ini dapat diatasi, hidrogen bisa menjadi masa depan segalanya. Pelumas baru yang dihadirkan di IIMS 2024 memiliki sejarah panjang di dunia balap. PT Total Energy Marketing Indonesia telah mengumumkan peluncuran resmi pelumas merek ELF. Acara tersebut digelar di pameran mobil ternama Indonesia kabarkutim.com.co.id pada 24 Februari 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *