Bukan Parasetamol, Dokter Ungkap Bahan yang Sebabkan Gagal Ginjal Akut Misterius, Apa Itu?

bukan parasetamol dokter ungkap bahan yang sebabkan gagal ginjal akut misterius apa itu 74e29a4

kabarkutim.com – Penggunaan sirup parasetamol belakangan ini menjadi perhatian karena diduga menjadi penyebab penyakit ginjal akut misterius atau gagal ginjal akut misterius pada anak. Bahkan, Kementerian Kesehatan Masyarakat (Kemenkes) mengeluarkan perintah penghentian sementara penggunaan sirup parasetamol.

Mengenai hal tersebut, Dr. Pakar kesehatan pencernaan dari Universitas Indonesia mengatakan: dokter. dokter. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM menyatakan paracetamol pada dasarnya aman untuk ginjal.

Dalam cuitan akun Twitternya yang diunggah ulang ke Instagram, dr Ari menjelaskan, gagal ginjal akut misterius di Gambia disebabkan oleh parasetamol yang terkontaminasi etilen glikol.

Kontaminasi etilen glikol menjadi penyebab masalah ginjal pada anak. Ilustrasi sirup parasetamol. (cairkan)

“Saya telah menggunakan parasetamol pada pasien saya selama lebih dari 30 tahun dan obat tersebut aman untuk ginjal. Kasus gagal ginjal pada anak-anak di Gambia dikaitkan dengan penggunaan sirup parasetamol yang terkontaminasi etilen glikol.” etilen. Itu glikol, bukan parasetamol,” tulis dr Ari, Rabu (19 Oktober 2022).

Sementara itu, Dr Ari mengimbau masyarakat tetap tenang dan berhati-hati. BPOM juga tengah melakukan penelitian lebih lanjut mengenai hubungan parasetamol yang terkontaminasi etilen glikol dengan peningkatan gagal ginjal akut yang hingga saat ini belum diketahui.

“Masyarakat harus tenang dan tetap berhati-hati. Saat ini kami menunggu BPOM menyampaikan temuannya apakah peningkatan gagal ginjal pada anak Indonesia ada kaitannya dengan parasetamol yang terkontaminasi etilen glikol.” jelas dr Ari.

Etilen glikol

Menurut situs CDC, etilen glikol sendiri merupakan senyawa yang biasa ditemukan pada berbagai produk, seperti antibeku, minyak rem hidrolik, beberapa tinta stempel, pulpen, pelarut, cat, plastik, film, dan kosmetik.

Etilen glikol biasanya memiliki rasa manis dan sering tertelan secara tidak sengaja. Sebaliknya, jika Anda menelan etilen glikol, ia menjadi senyawa beracun bagi tubuh Anda.

Efek etilen glikol

Karena kandungan etilen glikol yang beracun, senyawa ini dapat mempengaruhi sistem saraf pusat. Selain itu, etilen glikol dapat menyebabkan masalah pada jantung dan ginjal seseorang. Padahal, etilen glikol menimbulkan risiko kematian jika dikonsumsi dalam jumlah cukup.

Sementara pelarangan sementara penggunaan parasetamol diatur dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan Nomor SR.01.05/III/3461/2022, di mana apotek untuk sementara dilarang menjual sirup secara gratis kepada masyarakat. penyakit.

“Seluruh apotek untuk sementara waktu tidak menjual obat bebas dalam bentuk sirup dan/atau obat bebas terbatas kepada masyarakat sampai diumumkan secara resmi oleh pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” Kementerian Kesehatan. dikatakan. SE Kesehatan diterima kabarkutim.com pada Rabu (19 Oktober 2022).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *