Darah Biru Kepiting Tapal Kuda Jadi Bahan Medis, Harganya Senilai Mobil

darah biru kepiting tapal kuda jadi bahan medis harganya senilai mobil 32a0fc6

JAKARTA – Kepiting kuda banyak diminati karena hewan purba berusia 445 juta tahun lalu ini memiliki yang menakjubkan. Harga jualnya Rp 200 juta per liter atau harga mobil.

, atau Limulus polyphemus, merupakan hewan laut purba yang terkenal dengan darah biru yang unik. Hal inilah yang menjadikan darah sebagai komoditas berharga dalam dunia pengobatan kuda. Nilai luar biasa ini setara dengan beberapa manfaat lobak:

Bacaan Lainnya

Manfaat ekornya

Myfvc melaporkan pada Rabu (06/03/2024). Protein darah ini, yang disebut Limulus Amoebosit Lisat (LAL), digunakan oleh produsen obat dan peralatan untuk menguji endotoksin pada produk mereka.

Selain itu, penelitian terus mengeksplorasi manfaat lain dari lobak. Salah satunya terkait kesehatan mata manusia. Semut jenis ini dipercaya dapat meningkatkan penglihatan.

Kepiting kuda juga berperan penting dalam ekosistem pesisir, karena telurnya merupakan makanan pokok bagi burung pantai yang bermigrasi ke utara, termasuk burung simpul merah yang terancam punah.

Migrasi burung pantai ini bertepatan dengan puncak aktivitas mamalia di kawasan seperti Delaware dan Chesapeake Bay. Pantai dengan aktivitas merangkak seperti itu merupakan tempat peristirahatan penting bagi burung pantai, sehingga memungkinkan mereka memulihkan tenaga dan melanjutkan perjalanan.

Kepiting kuda sering dipelihara di akuarium, digunakan sebagai subjek penelitian atau sebagai bahan ajar sains.

Namun populasi kepiting tapal kuda yang berlebihan telah menyebabkan penurunan spesies ini. Hal ini membuat penyembelihan kuda menjadi spesies yang terancam punah. Berbagai tindakan perlindungan dilakukan untuk melindungi kepiting tapal kuda.

MG/Dinda Amelia Putri

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *