Data Streaming Bisa Dimanfaatkan untuk Tingkatkan Transparansi Perusahaan

data streaming bisa dimanfaatkan untuk tingkatkan transparansi perusahaan 408b9d3

Laporan dari reporter kabarkutim.com.com Eko Sutriyanto

kabarkutim.com.COM, JAKARTA – Pemanfaatan data yang terdistribusi dapat membuat perusahaan lebih fleksibel karena selalu memiliki aliran wawasan aktif yang diproses dalam data real-time.

Penggunaan data terdistribusi memungkinkan perusahaan memperbarui aplikasi dalam waktu lebih singkat, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi kompleksitas.

Penggunaan memungkinkan perusahaan mengambil keputusan berdasarkan data untuk membangun pengalaman pelanggan yang lebih baik di semua saluran.

“Juga mampu memberikan informasi yang akurat tentang pelanggan, sehingga pada akhirnya menghasilkan retensi yang lebih tinggi dan dampak bisnis yang lebih besar,” kata Vice President Asia Rully Moulany saat berbicara kepada wartawan di Jakarta, akhir pekan lalu.

Data siaran dikirimkan dengan volume tinggi secara terus menerus dan bertahap untuk pemrosesan latensi rendah.

Organisasi memiliki ribuan sumber data yang secara bersamaan mengirimkan pesan, catatan, atau data dengan ukuran mulai dari beberapa byte hingga beberapa megabyte (MB).

Data yang dikirimkan mencakup data lokasi, peristiwa, dan sensor yang digunakan untuk analisis dan visibilitas real-time di berbagai aspek bisnis mereka.

Misalnya, perusahaan dapat melacak perubahan sentimen publik terhadap produk dan layanan mereka dengan terus menganalisis klik dan postingan media sosial, lalu merespons secepat yang diperlukan.

Ia mengatakan streaming data dapat mengalokasikan waktu dan sumber daya dengan lebih baik, sehingga karyawan perusahaan dapat lebih fokus pada inovasi.

Selain itu, streaming data dapat menjaga transparansi dan mengelola informasi pribadi, sekaligus memungkinkan bisnis mempersonalisasi seluruh pengalaman digital.

Berdasarkan Laporan Distribusi Data APAC 2023, berdasarkan survei terhadap 2.250 pemimpin TI di Asia Pasifik, 73 persen pemimpin TI mengatakan bahwa organisasinya melihat manfaat atau manfaat signifikan yang akan dihasilkan dari distribusi data.

“Dengan meningkatkan keuntungan produk atau layanan, dan distribusi data mengarah pada efisiensi TI dan bisnis yang lebih besar di lebih dari 3 perusahaan di 4 perusahaan,” ujarnya.

Berdasarkan data, sebanyak 89 persen perusahaan mengatakan bahwa investasi pada transmisi data adalah hal yang penting, dan 49 persen menyatakan hal tersebut sebagai prioritas utama dalam strategi investasi TI mereka.

“Hingga 69 persen pemimpin TI mengatakan mereka menggunakan data streaming untuk mendukung aplikasi-aplikasi penting, dan 57 persen mengatakan lima atau lebih sistem penting dalam organisasi mereka mengandalkan teknologi ini,” katanya.

Thomas Armand Lahey, Executive Vice President Application Management Group, mengatakan dengan sosialisasi data, Bank BCA berhasil mempercepat transformasi digital dan mampu memperkuat posisinya di pasar.

Belum lagi, dengan bekerja sama dengan Confluent pada data yang terdistribusi, kami dapat meningkatkan pengalaman nasabah dengan menggunakan layanan perbankan digital baru yang mengikuti kebutuhan nasabah sejalan dengan era digital, ”ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *