Fakta Terkini Gagal Ginjal Akut Misterius: Disebabkan Kalsium Oksalat, Obat Penawar Sudah Ditemukan?

fakta terkini gagal ginjal akut misterius disebabkan kalsium oksalat obat penawar sudah ditemukan a416570

kabarkutim.com.com – Kabar terkini penyakit gagal ginjal misterius yang menimpa saya hari ini, Sabtu (22/10/2022), menyebutkan obat penawarnya telah ditemukan. Kementerian Kesehatan juga menjelaskan alasan mengapa penyakit ini berakibat fatal pada anak kecil.

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Minkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan total kasus gagal ginjal akut kini mencapai 241 kasus yang tersebar di 22 provinsi. Kemudian, hingga Jumat (21/10), korban meninggal dunia sebanyak 133 orang.

Simak rangkuman fakta terbaru seputar gagal ginjal akut misterius berikut ini dari kabarkutim.com.com.

1. 20 Daerah dengan Angka Kejadian Gagal Ginjal Akut Tertinggi, Grafik Gagal Ginjal Akut Terburuk di DKI Jakarta (Unsplash/Robina Weermeijer)

Menteri Kesehatan (Menke) Budi Gunadi Sadikin mengatakan total kasus gagal ginjal akut kini mencapai 241 kasus yang tersebar di 22 provinsi. 133 orang meninggal saat itu.

Pernyataan tersebut disampaikan Budi pada Jumat (21/10/2022) saat jumpa pers yang digelar di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan. Menurut dia, setelah lolos tahap identifikasi, angka kematian meningkat hingga 55 persen.

Baca selengkapnya

2. Menkes Budi Benarkan Obat Penawar Penyakit Ginjal Akut Misterius Ditemukan, Kapan Dirilis ke Publik? Gangguan ginjal akut yang misterius pada anak-anak (Getty Images)

Menteri Kesehatan Budi Junadi Sadikin mengaku telah menemukan obat penawar penyakit ginjal akut misterius yang telah menewaskan hingga 100 anak di Indonesia. Kapan akan dirilis ke publik?

Menteri Kesehatan Budi mengatakan, penemuan obat penawar ini merupakan hasil kerja tim ahli ginjal nasional di RSCM (Rumah Sakit Cepto Mangunkosumo) dan telah diuji coba pada beberapa pasien anak penderita gagal ginjal akut.

Baca selengkapnya

3. Apa itu kalsium oksalat? Kristal tajam menyebabkan kematian seorang anak akibat gagal ginjal akut yang misterius. (pixabay)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kalsium oksalat menjadi penyebab kematian misterius seorang anak muda penderita gagal ginjal akut. Apa sebenarnya kalsium oksalat itu?

Menteri Kesehatan Budi mengatakan kalsium oksalat merupakan batu ginjal berbentuk kristal kecil dan tajam yang terbentuk akibat reaksi tubuh terhadap konsumsi bahan kimia berbahaya seperti etilen glikol, dietilen glikol, dan glikol eter.

Baca selengkapnya

4. Penting! Daftar lengkap 102 sirup terlarang yang diresepkan oleh dokter dan dijual di apotek. Petugas mengumpulkan berbagai jenis merek sirup yang dilarang sementara dijual di apotek di Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Kamis (20/10/2022).[Antara/Gojun/Rwa Photos].

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada 102 obat berbentuk sirup yang diduga menyebabkan lebih dari 200 anak mengalami masalah ginjal parah yang misterius.

Daftar 102 sirup ini dibuat berdasarkan penelusuran yang dilakukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang mendatangi pemukiman dan rumah sakit tempat pasien dirawat.

Baca selengkapnya

5. Anak Terlanjur Minum Minuman Terkontaminasi Etilen Glikol, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua? Menteri Kesehatan: Tanyakan kepada dokter Anda. Dua dari lima sirup terkontaminasi etilen glikol. (religius/swara.com

Kementerian Kesehatan telah melarang peredaran dan penjualan sirup yang terkontaminasi etilen glikol, yang diduga menyebabkan masalah ginjal akut misterius pada anak-anak. Namun jika obatnya sudah terlanjur diminum, apa yang harus dilakukan orang tua?

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, jika sudah terlanjur mengonsumsi minuman yang terkontaminasi, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk meminta nasihat.

Baca selengkapnya

6. Penemuan etilen glikol butil eter dalam sirup obat menyebabkan gagal ginjal akut, Apa itu? Ilustrasi Etilen Glikol Butil Eter: Penjelasan, Fungsi dan Bahaya. (Pixabay/Asli_Frank)

Hasil penyelidikan zat berbahaya dalam sediaan sirup yang diduga menyebabkan gagal ginjal akut pada anak telah dipublikasikan. Hasilnya, Kementerian Kesehatan mengidentifikasi tiga zat berbahaya, salah satunya adalah etilen glikol butil eter. Di bawah ini informasi mengenai Ethylene Glycol Butyl Ether: Penjelasan, Fungsi, dan Resiko.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan tiga zat berbahaya tersebut adalah etilen glikol (EG), dietilen glikol (DEG), dan etilen glikol butil eter (EGBE).

Baca selengkapnya

7. Para ahli epidemiologi mengimbau pemerintah segera mengidentifikasi kasus gagal ginjal akut sebagai bukti prevalensi gagal ginjal. (kembali gratis)

Pemerintah Indonesia diimbau segera mengklasifikasikan serangan fatal gagal ginjal akut pada anak sebagai kejadian luar biasa (KLB). Dicky Budiman, ahli epidemiologi di Griffith University Australia, mengatakan hal tersebut.

Menurutnya, pemerintah melakukan kesalahan. Pemerintah dapat segera mengatasi hal ini dengan segera mengadakan konferensi darurat.

Baca selengkapnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *