Gagal Masuk 3 Besar Piala Asia U-23 2024, Simak Jadwal Guinea vs Indonesia di Play-off Olimpiade Paris

gagal masuk 3 besar piala asia u 23 2024 simak jadwal guinea vs indonesia di play off olimpiade paris 7157c11

kabarkutim.com.com, Jakarta – Timnas Indonesia gagal meraih tiket ke Olimpiade Paris Piala Asia U23 2024, namun peluang Garuda Muda ke Paris belum sepenuhnya tertutup. 

Pasukan Shin Tae-yong harus merelakan keunggulan 1-2 di Irak pada laga perebutan tempat ketiga di Stadion Abdullah Bin Khalifa, WIB, Jumat pagi (05/03/2024). Hasil tersebut membuat Irak mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024, bersama finalis Piala Asia U23 2024 Jepang dan Uzbekistan.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Indonesia masih berpeluang mengikuti ajang olahraga terbesar di muka bumi ini. Syaratnya, wakil Guinea Afrika menang di babak play-off konfederasi.

Kedua negara berada di peringkat keempat di turnamen regional masing-masing. Laga Guinea x Indonesia dijadwalkan pada 9 Mei mendatang, di markas tim Prancis, INF Clairefontaine. Arena Balap Irak dan Indonesia 

Wasit Arab Saudi Majed Al Shamrani yang memimpin pertandingan meniup peluit tanda dimulainya pertandingan. Indonesia mengenakan seragam merah dan merah, sedangkan Irak mengenakan seragam putih dan putih.

Tim Indonesia U-23 nampaknya akan tetap bermain dengan pola tiga bek tengah. Nathan Tjoe-A-On mengisi sisi kiri dengan Justin Hubner bergerak ke tengah. Kedua tim bermain terbuka di lima menit pertama.

Kedua kelompok melakukan percobaan. Irak melalui Muntadar Mohammed dan Indonesia melalui Marcelino Ferdinand tak mencetak gol.

Tendangan bebas berhasil diraih Indonesia dalam posisi menjanjikan. Sayangnya tembakan Marcelino Ferdinand juga sangat buruk.

Lemparan Pratama Arhan mengenai kepala Justin Hubner. Sayangnya, sundulannya tidak menimbulkan kerusakan. Irak kemudian berusaha melancarkan serangan balik, namun dicegah oleh Rio Fami. Sejauh ini kedua tim belum menciptakan peluang emas.

Peluncuran Pratama Arhan kembali menciptakan situasi berbahaya. Bola liar mendarat di kaki Nathan Tjoe-A-On. Sayangnya, kiper Zaid Tahseen melakukan serangan balik.

Ivor Jenner membawa bola keluar kotak penalti setelah mendapat tendangan sudut dari Witten Suleman. Ia melepaskan tembakan keras yang merobek gawang Irak pada menit ke-19.

Irak segera berusaha merespons. Beruntung upaya Ali Jassim masih bisa dimentahkan oleh Hernando Ari. Indonesia pun merespons. Sayangnya tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On tidak bisa ditanggapi rekan satu timnya.

Irak menyamakan kedudukan pada menit ke-27 melalui gol Hernando Ari. Sepak pojok Muntadar Mohamed tak bisa ditebak pemain bertahan Indonesia. Nihad Mohammed memajukan bola ke zona bahaya dan disambut oleh Zaid Tahseen. Ada pemeriksaan VAR dan gol tersebut dianulir.

Indonesia kembali berpeluang memimpin. Namun sundulan Justin Hubner memanfaatkan penalti Nathan Tjoe-A-On masih melenceng. 

Saatnya mengancam Nihad Mohammed. Menerima umpan silang dari rekan setimnya, sundulannya melebar. 

Irak kembali mendapat peluang melalui Ali Jassim. Di penghujung babak pertama, permainan melambat.

Waktu tambahan adalah empat menit. Marcelino Ferdinand mendapat buku buruk wasit setelah tekel terlambat terhadap Zaid Tahseen. Skor tetap 1-1 hingga babak kedua berakhir.

Babak kedua dimulai. Pelatih kedua tim tidak melakukan pergantian pemain. Kesalahan sekilas membuka peluang bagi Irak. Untungnya dia tidak berhasil mencetak gol apa pun. Karr Mohamed Al-Mukhtar menerima kartu kuning setelah menjatuhkan Marcelino Ferdinand.

Marcelino Ferdinand menemukan dirinya dalam posisi yang menjanjikan. Namun dia memutuskan untuk menembak daripada mengoper.

Pertandingan berlangsung 60 menit. Laju melambat karena kedua tim mulai bermain konservatif. Namun Irak punya peluang setelah Fernando Ari bergerak mundur dari wilayah kendalinya. Untungnya, peluang tersebut tak mampu dimanfaatkan lawan.

Pratama Arhan berkesempatan melancarkan beberapa tembakan ke arah pertahanan Irak. Namun usaha mereka tidak berhasil.

Irak melakukan pergantian pemain pertama. Muntadher menggantikan Abdul-Amir Blnd Hassan. Witten menerima kartu kuning karena menendang kaki Muntadar Mohammed.

Tendangan James Kelly Sroyer masih melambung. Setelah itu, keputusan Fernando Ari kembali meninggalkan area penalti hampir membuahkan gol.

Beruntung Nathan Tjoe-A-On masih berada di sana dan mengatur tembakan Nihad Mohamed sebelum melewati garis gawang.

Indonesia akhirnya menemukan ruang keamanan di Irak. Sayangnya umpan silang Witten Suleiman terbuang percuma. Hasilnya adalah kartu kuning karena pelanggaran terhadap Justin Hubner.

Indonesia sudah pernah berganti personel sebelumnya. Rio Fahmi dan James Kelly Sroyer absen. Komang Teguh dan Fajar Fathur Rahman masuk.

Indonesia melancarkan serangan balik. Namun umpan Raphael Strike gagal meleset sempurna dari Witten Suleiman. Irak membalas melalui Nihad Mohammed yang sundulannya masih melambung.

Irak menarik Karrar Mohammed Al-Muktar dan Ridha Fadhil. Mereka digantikan oleh Amin al-Hamawi dan Said Ismail.

Irak melakukan serangan balik setelah peluncuran Pratama Arhan dimajukan. Nihad Mohammed buron, tapi Hernando Ari menentang hukuman matinya.

Irak kembali mendapat peluang emas melalui Zaid Tahseen namun skor tetap tidak berubah. Tambahan 30 menit juga harus diselesaikan.

Lembur dimulai. Kedua tim bersaing untuk mencari pemenang. Jika masih belum diketahui maka harus diambil sanksinya. 

Pada lima menit tambahan pertama, Irak membuat pertahanan Indonesia frustasi. Justin Hubner tampil tepat dalam perlawanan terhadap invasi Irak.  

Tekanan Irak berakhir dengan gol pada menit ke-96. Umpan panjang diterima Ali Jassim dan tembakan Hernando melewati kaki Ari. 

Indonesia langsung mencoba membalas melalui sundulan Komang Teguh. Ramadan Sananta kemudian merekrut pelatih Shin Tae-yong untuk menggantikan Witten Suleman.

Ali Jassim kembali mengancam gawang Fernando Arri. Waktu berlalu dan babak pertama perpanjangan waktu pun berakhir.

Babak kedua perpanjangan waktu dimulai. Irak menutup barisan dengan mengeluarkan striker Amin Al-Hamawi, yang digantikan oleh bek Hussain Amer.

Indonesia langsung meningkatkan tekanan melalui serangan jarak jauh Marcelino Ferdinand dan Ivor Jenner. Sayangnya, kedua upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

Irak mengembalikan pemain bertahan melalui Karrar Saad dan Halo Fayaq. Muntadar Mohammad dan Ali Jasim muncul.

Shin Tae-yong coba menambah kekuatan dengan menggantikan Ivar Jenner dengan Ikhsan Zikrak. Waktu habis bagi tim U-23 Indonesia untuk menyamakan kedudukan.

Masih ada tiga menit waktu tambahan. Namun timnas sudah kelelahan secara fisik dan tak mampu menyamakan kedudukan hingga akhir pertandingan. Peluang terakhir diberikan kepada Ramadan Sananta, yang kepalanya dibelokkan oleh bek Irak. berbaris

Irak (4-3-3): Hussain Hasan; Mustafa Saadoun, Josef Baiz, Zaid Tahseen, Ahmed Hasan; Ali Jasim, Muntadher Mohammed, Karrar Mohammed Ali; Ridha Fadil, Azad Klouri, Nihad Mohammed

Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Muhammad Ferrari, Justin Hubner, Nathan Tjo-A-On; Ilham Rio, Marcelino Ferdinand, Ivar Jenner, Pratama Arhan; James Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *