Gempuran Mobil-mobil China Bikin Pabrik Suzuki Tutup

gempuran mobil mobil china bikin pabrik suzuki tutup 16a00c9

BANGKOK, 9 Juni 2024 – Suzuki mengumumkan akan menghentikan produksinya di Thailand. Penutupan pabrik Suzuki di Negeri Gajah Putih akan dimulai pada tahun 2025.

Mengutip laman resmi Suzuki, pada Minggu 9 Juni 2024, Suzuki Motor Corp mengumumkan langkah tersebut dilakukan seiring dengan rencana pengembangan kendaraan listrik untuk memproduksi kendaraan listrik dan hybrid.

“Untuk mempromosikan netralitas karbon dan elektrifikasi di seluruh dunia, Suzuki telah mempertimbangkan kemungkinan untuk mengoptimalkan lokasi produksi global dalam grupnya,” kata Suzuki dalam pernyataannya yang dikutip kabarkutim Otomotif.

Pabrik Suzuki di Thailand terletak di Provinsi Rayong dan dioperasikan oleh Suzuki Motor Thailand Company. Pabrik tersebut berusia 12 tahun dan memiliki kapasitas produksi hingga 60.000 unit. 

Sekitar 800 orang bekerja di pabrik tersebut. Suzuki Thailand memproduksi banyak model populer seperti Celerio, Ciaz dan Swift. 

Pabrik tersebut telah beroperasi sejak tahun 2012 dan juga telah banyak mengekspor model ke Indonesia. Nantinya, produk Suzuki di Thailand akan diimpor secara keseluruhan (CBU) dari negara produsen mobil Suzuki seperti Jepang, India, dan india.

Sementara Thailand, seperti Indonesia, mulai banyak diserang merek China. Belum lagi dorongan untuk memproduksi lebih banyak mobil listrik dan hybrid.

Berdasarkan data Federation of Thai Industries (FTI), ada 1.600-1.700 pabrik yang tutup pada awal tahun ini. Industri otomotif Thailand sedang berjuang dengan penjualan domestik yang lesu dan ekspor yang lebih lambat dibandingkan dengan negara-negara tetangga.

“Kami tidak bisa lagi menyebut diri kami ‘Detroit Asia’ karena Malaysia telah menggantikan kami,” kata Ketua FTI Kriengkai Thienukul. Kasus Bos Rental Mobil Dipukuli Sampai Mati Sedang Disidik, Polisi Keluarkan DPO Bos Rental Mobil Dipukul Sampai Mati Kasus Dugaan Maling Patti Mundur di Tahap Penyidikan. kabarkutim.co.id 1 Juli 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *