Google Perkenalkan Model AI Terbuka yang Disebut Gemma 

google perkenalkan model ai terbuka yang disebut gemma 1e829b2

kabarkutim.CO.ID, JAKARTA – merilis model kecerdasan buatan () terbuka bernama . Model tersebut dikatakan dibuat menggunakan penelitian dan teknologi yang sama dengan yang digunakan untuk membuat model AI

Dilansir Engadget, Jumat (23/2/2024), pihak perusahaan mengatakan Gemma merupakan kontribusinya terhadap komunitas open source dan bertujuan membantu pengembang membangun AI secara bertanggung jawab.

Bacaan Lainnya

Itu sebabnya mereka juga meluncurkan perangkat AI generatif yang bertanggung jawab dengan Gemma. Panduan ini mencakup alat debugging serta panduan praktik terbaik untuk pengembangan AI berdasarkan pengalaman Google. 

Perusahaan menawarkan Gemma dalam dua ukuran berbeda, Gemma 2B dan Gemma 7B. Keduanya hadir dengan varian terlatih yang disesuaikan sesuai dengan instruksi dan keduanya cukup ringan untuk dijalankan langsung di laptop atau desktop pengembang. 

Google mengatakan Gemma Key mengungguli banyak model yang lebih besar dalam benchmark, dan mengungguli model Terbuka lainnya di luar sana pada kedua ukuran tersebut. 

Selain kuat, model Gemma dilatih agar aman. Google menggunakan teknik otomatis untuk menghapus informasi pribadi dari data yang digunakan untuk melatih model, dan pembelajaran penguatan berdasarkan masukan manusia untuk memastikan bahwa varian Gemma yang disesuaikan dengan instruksi menunjukkan perilaku yang bertanggung jawab. 

Pengembang perusahaan dan independen dapat menggunakan Gemma untuk membangun aplikasi yang didukung AI, terutama jika tidak ada model terbuka yang tersedia saat ini yang cukup kuat untuk membangun aplikasi yang ingin mereka bangun. 

Google berencana merilis lebih banyak varian Gemma untuk aplikasi yang lebih luas di masa depan. Namun, mereka yang ingin mulai bekerja dengan model tersebut kini dapat mengaksesnya melalui platform ilmu data Kaggle, notebook Colab, atau Google Cloud. 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *