Google Perluas Cakupan Gemini, Bakal Terintegrasi dengan YouTube Music

google perluas cakupan gemini bakal terintegrasi dengan youtube music f2b3d0c

kabarkutim.com.com, Jakarta: sepertinya menggabungkan Music dengan . Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh Android Authority.

Mengutip informasi 9to5Google, Jumat (5/10/2024), integrasi tersebut diketahui dengan hadirnya opsi baru untuk menghubungkan Musik ke YouTube dan . Opsi ini muncul di pembaruan terbaru aplikasi Android Google.

Bacaan Lainnya

Dengan integrasi ini, pengguna dapat menggunakan Gemini untuk mengakses nanti, mencari lagu, mengelola playlist, termasuk perintah putar di .

Perlu diingat bahwa Google sendiri sebelumnya telah membuka banyak integrasi Gemini di layanan lain, seperti Penerbangan, Hotel, Maps, termasuk aplikasi produk Workspace, dan YouTube.

Meski bocorannya sudah diketahui, integrasi ini belum dirilis secara resmi. Menurut laporan tersebut, integrasi ini diharapkan tersedia di menu ekstensi Gemini.

Sebagai informasi, Google terus berupaya untuk membuat Gemini lebih mudah diakses oleh pengguna. Baru-baru ini, raksasa tersebut mulai meluncurkan akses Gemini langsung ke Google Chrome.

Dengan akses tersebut, pengguna Chrome bisa langsung mengakses layanan AI menggunakan alamat baru. Informasi tersebut diketahui dari survei yang dimulai pada pertengahan April 2024.

Kini, fitur tersebut sudah mulai diluncurkan ke pengguna umum. Informasi mengenai ketersediaan Gemini AI Direct Access juga diumumkan melalui akun Twitter resmi Google Chrome.

“Segera mulai percakapan Anda dengan Gemini menggunakan pintasan di bilah alamat Chrome,” tulis Chrome di akun resminya. Fitur ini dikatakan dapat diakses dengan Chrome versi terbaru, yaitu 124 stabil.

Pengguna browser dapat mengakses fitur ini di Mac, Windows, dan ChromeOS. Namun fitur ini mungkin masih diluncurkan sehingga tidak semua pengguna akan memilikinya.

Untuk mengakses Gemini AI secara langsung menggunakan bilah alamat Chrome, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Ketik @ di bilah alamat desktop Chrome dan pilih Ngobrol dengan Gemini Ketik pesan yang Anda inginkan Dapatkan balasan langsung dari layanan Gemini

FYI, rencana Google menambahkan dukungan Gemini ke Chrome sudah diketahui sejak Februari 2024. Hal ini disebut-sebut sebagai upaya pertama Google untuk mengimplementasikan Chat dan Gemini di Omnibox Chrome.

Dengan cara ini, pengguna dapat mengakses chatbot tanpa membuka website Gemini. Bagi Anda, Omnibox untuk Chrome berfungsi sebagai bilah alamat bahkan saat menjelajah dan menambahkan banyak fitur lainnya ke browser. 

Sebelumnya, Gemini AI, model AI yang dikembangkan oleh Google, semakin meningkatkan kemampuannya sejak debut globalnya pada Desember 2023.

Sebelumnya, Gemini AI telah diintegrasikan ke dalam aplikasi Google Maps untuk ponsel. Kini, Google Gemini disebut-sebut sedang mendobrak batasan model AI ini.

Seperti dilansir Android Authority, Senin (22/4/2024), Google akan menambahkan opsi “Musik” baru ke halaman pengaturan model AI.

Pengguna dilaporkan dapat melakukan dari layanan streaming favorit mereka, termasuk Spotify, Apple Music, YouTube Music, dan lainnya. Namun, opsi ini tidak akan sederhana atau “selalu aktif”. Jadi pengguna harus menggunakannya secara manual.

Menurut laporan tersebut, opsi untuk memilih layanan streaming musik pilihan ini hanya muncul di menu pengaturan aplikasi Gemini pada perangkat Android tersebut.

Sayangnya, ketika pengguna mengklik, mereka hanya diarahkan ke halaman kosong. Artinya, fitur baru Google Gemini masih dalam tahap pengembangan.

Setelah terintegrasi penuh, Asisten AI Google mungkin dapat digunakan untuk memutar musik dari aplikasi pihak ketiga seperti Spotify, Apple Music, atau YouTube Music.

Nah, kemampuan memutar musik dari aplikasi pihak ketiga tentu menarik mengingat Google Assistant punya kemampuan tersebut.

Google meluncurkan aplikasi Gemini khusus untuk Android pada bulan Februari, menggantikan asisten virtual pada tablet dan ponsel Android.

Meskipun Gemini memiliki fitur yang dihasilkan AI seperti pembuatan gambar dan teks, peringkasan teks, dan banyak lagi, Gemini masih kekurangan fungsi Asisten Google.

Saat ini, Google belum memberikan rincian apapun mengenai rencananya meluncurkan fitur tersebut. Namun, fitur Gemini AI diperkirakan akan tersedia bagi pengguna dalam beberapa minggu mendatang. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *