Hasilkan Produk Ramah Lingkungan, Pelaku Industri Kaca Gunakan Teknologi 4.0 dan Kecerdasan Buatan

hasilkan produk ramah lingkungan pelaku industri kaca gunakan teknologi 4 0 dan kecerdasan buatan dea9c0f

Laporan jurnalis kabarkutim.com Eko Sutriyanto

kabarkutim.COM, JAKARTA – Pelaku di Indonesia menerapkan ekonomi sirkular dengan mendaur ulang pecahan kaca yang tidak terpakai menjadi kaca baru.

Bacaan Lainnya

Beberapa pelaku industri kaca Indonesia juga telah menerapkan teknologi 4.0 dan (AI) dalam proses produksinya.

“Teknologi ini menciptakan produk kaca yang ,” kata Putra Narjadin, presiden Asosiasi Kaca Datar dan Pengaman, baru-baru ini di sela-sela konferensi pers di pameran perdagangan industri kaca Glasstec di Jakarta.

Pameran perdagangan industri kaca Glasstec akan berlangsung di Düsseldorf dari tanggal 22 hingga 25 Oktober 2024.

Indonesia kembali menjadi produsen kaca terbesar di Asia Tenggara dengan masuknya dua perusahaan kaca asal Korea dan China yang akan mulai berproduksi di Indonesia pada akhir tahun ini atau paling lambat akhir awal tahun depan.

Rasa Kencana, Direktur PT Sinar, menambahkan selain perkembangan teknologi, perusahaan kaca Indonesia juga mengunggulkan penggunaan mesin dan robot dalam proses produksinya.

Tidaklah berlebihan jika industri kaca lebih memilih menginvestasikan ratusan ribu atau jutaan dolar untuk memperkenalkan mesin otomatis daripada menambah energi manusia.

“Industri kaca mendapat keuntungan besar dari produsen mesin China yang harganya lebih rendah meski masa manfaatnya lebih pendek,” ujarnya.

Di pasar kaca Indonesia, segmen kaca lembaran terbesar adalah untuk kebutuhan konstruksi real estate yang mencapai 70%, kaca otomotif 10%, dan komponen industri 20%.

“Jadi industri kaca di Indonesia masih memiliki prospek, mengingat backlog properti di Indonesia masih cukup tinggi dan jika dibangun rumah pasti membutuhkan kaca,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Glasstec Lars Wismer mengundang para start-up di Indonesia dan seluruh dunia untuk tampil di Start-up Zone acara Glasstec dan memperkenalkan perusahaannya kepada dunia.

“Di glasstec terdapat zona start-up, area yang dirancang khusus untuk menyatukan perusahaan-perusahaan baru dan inovatif.

“Platform ini menawarkan peluang unik untuk terhubung dengan tokoh-tokoh terkemuka di industri kaca dan pakar dari bisnis, penelitian, dan politik,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *