Hati-hati, Kuku Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronik Diabetes, Jantung hingga Kanker

hati hati kuku seperti ini bisa jadi tanda penyakit kronik diabetes jantung hingga kanker a5e9ffa

JAKARTA – Tak hanya kulit, kuku juga menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Berbagai jenis penyakit kronis bisa dideteksi melalui kuku.

Bagaimana kuku menggambarkan kondisi kesehatan seseorang? Pakar Dermatologi, Venereologi dan Estetika, Dr. Pembicara antara lain DC Theo, Sp.D.V.E, FINSDV. Gulir lebih jauh, oke?

“Sama seperti kulit, kalau kulit kita tidak sehat pasti muncul masalah di tubuh kita. Kuku itu kelainan kulit, jadi apa pun yang ada di kuku mempengaruhi kesehatan kita,” ujarnya kepada Healthy Residency Program. Dr Eccles, Jumat 15 Desember 2023.

Selain itu, DC mengungkapkan banyak penyakit yang bisa dikenali dari kondisi kuku. Mulai dari penyakit radang usus, tiroid, nutrisi, diabetes hingga COVID-19.

“Dari kuku terlihat berbagai hal seperti radang usus, atau dari kuku terlihat tiroid. Terutama malnutrisi, kurang gizi, kuku berantakan. Dari kuku kita terlihat diabetes COVID, jantung. Dan ginjal, ” jelasnya.

Misalnya, kondisi kuku seperti sendok menandakan anemia. Jadi kotoran di bawah kuku menandakan psoriasis.

“Ibarat sendok, kukunya cembung, biasanya cekung, jadi kalau ada airnya jadi nampung. Kalau anak-anak atau orang dewasa (kondisi ini) kekurangan zat besi. Kukunya rapuh, ada bintik-bintik kuning di kukunya,” ada kotoran di bawah kuku, itu psoriasis. Atau kukunya berwarna hijau, bisa jadi itu bakteri,” jelasnya.

Tak hanya itu, masih banyak tanda lain yang menandakan seseorang mengidap penyakit kronis pada kuku. Misalnya kuku bergelombang merupakan tanda diabetes.

“Tandanya kita mempunyai penyakit kronis di tubuh yang menyebabkan kuku tumbuh lambat. Kemudian mereka tumbuh bergelombang seperti jalan raya. Apakah ada gelombang atau gelombang tunggal? Kemudian sakit kronis bisa karena diabetes, covid atau Bisa jadi demam kronis atau bisa juga cedera tertentu,” ujarnya. .

Selain itu, garis hitam pada kuku juga merupakan tanda kanker kulit.

“Garis hitam ini tidak berbahaya. Kalau garis hitamnya lurus dan seragam seperti tahi lalat di kuku. Lalu garis hitamnya bervariasi, coklat, coklat muda, hitam bahkan di bawah kuku, itu tandanya kanker kulit,” dia menjelaskan. .

Sedangkan terkait dengan kesehatan kuku. Kuku yang sehat berwarna merah muda karena pembuluh darahnya terlihat, kata DC.

“Kuku kami bening dan bersih, warnanya tidak mudah terkelupas, pinggirannya berbentuk bulan sabit, pinggirannya tidak merah, tidak tebal,” jelasnya. Terpopuler: Orang Tua Memaksa Cerai Menikah, Kebiasaan Malam Hari Berisiko Diabetes, saluran gaya hidup kabarkutim.com.co.id, Senin 29 Januari 2024, memiliki lima artikel terpopuler dengan jumlah pembaca terbanyak. 5 artikel ini mencuri perhatian kabarkutim.com.co.id pada 30 Januari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *