Hujan Badai Akan Melanda Indonesia, Ini yang Perlu Diwaspadai Bikers di Jalan

hujan badai akan melanda indonesia ini yang perlu diwaspadai bikers di jalan 66ab212

JAKARTA – Sepeda motor menjadi alat transportasi yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Namun risikonya besar saat mengendarai sepeda motor, apalagi saat deras.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memperkirakan hujan disertai petir akan melanda sebagian wilayah ibu kota provinsi Indonesia. Oleh karena itu, pengendara sepeda motor harus lebih waspada saat hujan.

Bacaan Lainnya

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu mengatakan, pengendara sepeda motor harus lebih waspada saat berkendara dalam kondisi hujan.

Menurutnya, jika tidak menyiapkan perlengkapan berkendara, perjalanan akan terganggu akibat hujan deras. Oleh karena itu, sebelum melaksanakan kegiatan, Jusri menyarankan untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan berkendara.

“Saat berkendara di musim hujan, perhatikan tidak hanya kanan dan kiri saja, tapi dari atas dan bawah,” kata Jusri di MNC Portal tadi.

“Biasanya ada genangan air tipis yang perlu dijaga. Dikhawatirkan ada bekas kabel gali atau air. Sebisa mungkin hindari genangan air saat musim hujan, karena bisa cukup berbahaya dan mempunyai risiko yang fatal,” lanjutnya.

Jusri juga menuturkan, lubang-lubang yang tertutup genangan air dapat dengan mudah menimbulkan aquaplaning. Kondisi ini dapat dengan mudah menyebabkan pengemudi terjatuh sehingga berisiko tertabrak mobil dari belakang.

Jika hujan deras, mungkin juga ada risiko dari belakang. Selain petir, baliho juga mengancam keselamatan kendaraan roda dua. Sebab, kematian biasanya terjadi akibat pengendara sepeda motor yang tertimpa plat nomor yang roboh karena tertiup angin.

“Bahaya dari atas juga perlu kita pertimbangkan. Selain baliho, juga terdapat kabel listrik dan pohon tumbang yang mengancam keselamatan pengendara sepeda motor. Di Nagulan,” kata Jusri.

Selain itu, Jusri Pulubuhu juga menjelaskan kecepatan harus tetap diperhatikan untuk menjaga keselamatan pengemudi lain. Pasalnya, sangat sulit mengerem saat hujan karena jalanan licin.

Yang penting RPMnya jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah. Ini ada kaitannya dengan keselamatan banyak orang, ”ujarnya.

Namun Jusri mengimbau agar pengendara sepeda motor berhenti jika terjadi hujan deras disertai angin topan. Hal ini berkaitan dengan visibilitas pengendara sepeda motor itu sendiri dan juga pengendara lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *