Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia Sarankan Pemerintah Buat Pedoman Mitigasi Bencana Museum

ikatan ahli arkeologi indonesia sarankan pemerintah buat pedoman mitigasi bencana museum 5af5c08

JAKARTA – Ikatan Arkeolog Indonesia (IAAI) menyelenggarakan diskusi publik bertema ‘Museum Penting’ pada Senin, 27 September 2023 di Galeri Cemara 6, Menteng, Jakarta Pusat. Ketua IAAI Komisioner Regional Jabodetabek dalam diskusi tersebut. Diyah Chitaria Liestiati, MC berpesan kepada Pemerintah (Kmendikbudristek) sebagai pemangku kepentingan untuk segera menyusun pedoman mitigasi bencana museum.

Masih ada kaitannya dengan kebakaran Museum Bahari 5 tahun lalu (2018), kita tidak sadar kalau tanggal kejadiannya sama yaitu tanggal 16, Museum Bahari 16 Januari 2018, Museum Nasional 16 September Tahun 2023 terbakar akibat korsleting listrik. Peraturan keselamatan Tidak diterapkan secara konsisten, bahkan diabaikan di Indonesia. “Saya tegaskan museum itu penting, dan saat ini bagaimana mendorong pemerintah yang dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan , untuk bersinergi dalam mempersiapkan mitigasi bencana di museum,” kata Dia.

Kemudian pemateri yaitu Gatot Gautma, S.S., M.Ham (Anggota Dewan Pengawas Pusat IAAI) yang memaparkan topik Manajemen Risiko Museum. Ia menekankan perlunya pedoman mitigasi bencana museum untuk meminimalkan dampaknya.

“Kita hanya bisa mengurangi dampak bencana (kita tidak bisa menghilangkannya). Setelah 161 tahun berdiri, baru kali ini terjadi kebakaran di Museum Nasional. “Ternyata Indonesia sudah memiliki sistem mitigasi yang sistematis sejak bencana tsunami Aceh tahun 2004, dan manajemen bencana baru muncul pada tahun 2007.” kata Gatot.

Sebagai tambahan informasi, hingga hari ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan ahli untuk menindaklanjuti dampak peristiwa kebakaran tersebut.

Fitra Arda, Sekretaris Jenderal Departemen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengungkapkan Museum Nasional Indonesia (MNI) atau dikenal dengan Museum Gajah berencana ditutup tahun depan.

“Museumnya kita tutup sementara, mungkin setahun, kita lakukan (perbaikan) sampai diperbaiki, baru kita buka,” kata Fitra. Cek Fakta: Kak Emin mengatakan sektor iklim memiliki anggaran yang lebih kecil dibandingkan sektor lainnya. Pada debat cawapres kedua nomor urut 01, Kak Emin menyampaikan visi dan misinya bahwa anggaran sektor iklim lebih rendah dibandingkan sektor lainnya. kabarkutim.com.co.id 21 Januari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *