Ilham, Beberapa Catatan Penting Usai Fesbol Merdeka Belajar 2022

IMG 20221123 WA0019

SANGATTA – Perhelatan Festival Sepak Bola (Fesbol) Merdeka Belajar tingkat SMP 2022 garapan Dinas Pendidikan Kabupaten () berjalan sukses.

Selama lima hari, selain bertanding para peserta juga digodok di asrama untuk melatih kedisiplinan, mental dan pengetahuan tentang sepak bola.

Bacaan Lainnya

Sesaat sebelum Wakil Bupati sekaligus Ketua ASKAB PSSI Kutim Kasmidi Bulang menutup acara ini di Stadion Kudungga Sangatta, Penanggung Jawab kegiatan sekaligus Kabid Pendidikan Menengah Pertama Disdik Kutim, Ilham menyampaikan ada beberapa catatan penting selama lima hari pelaksanaan fesbol ini. selasa (22/11/2022) sore.

Dirinya menyebut beberapa catatan ini menjadi penting setelah pihaknya berdiskusi dengan beberapa kepala UPT Pendidikan, para official dan manager.

Yang pertama, Festival Sepak Bola ini diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahun.

“Ke dua, kedepan diharapkan Festival Sepakbola ini diputar lebih awal atau bersamaan dengan rangkaian Hari Pendidikan Nasional di bulan Mei” tutur Ilham.

Selanjutnya, pada perhelatan berikutnya waktu pelaksanaan coaching clinic agar lebih dimatangkan lagi sehingga waktunya bisa lebih lama, mengingat manfaatnya sangat banyak sekali.

“Setelah berdiskusi dengan para pelatih/mentor, salah satunya dengan Bang Ismed Sofyan (Legenda Sepakbola Nasional) bahwa coaching clinic sangat penting dan anak-anak juga sangat senang, jadi waktunya diharapkan bisa di tambah,” beber Ilham.

Kemudian, ada usulan dari beberapa Kepala UPT Pendidikan di Kecamatan agar Fesbol ini diputar tidak hanya tingkat SMP tapi diputar juga di tingkat SD. Selain itu para coach menginginkan ada pelatihan terkait teknik bermain sepakbola.

“Dengan adanya ilmu kepelatihan itu, para coach atau guru olahraga ini akan menjadi pioner di sekolah-sekolah masing-masing, sehingg mereka bisa melatih anak-anak dengan baik,” pungkasnya.

Di tempat itu, Kaka, salah satu peserta Fesbol Merdeka Belajar dari Sangatta Utara saat ditemui usai kegiatan yang juga peraih top skor dengan 8 golnya merasa sangat senang dengan adanya Festival Sepakbola ini karena teman-teman di kecamatan berkesempatan bertemu idola (Ismed Sofyan) saat coaching clinic dan mendapatkan ilmu berharga.

“Alhamdulillah tim kami (Sangatta Utara) bisa juara, terimakasih kepada orang tua, rekan-rekan dan coach yang telah mengawal kami dari nol sampai jadi juara,” ucap Kaka.

Kabar Kutim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *