Indonesia Bisa Bikin 1,4 Juta Motor Listrik per Tahun

indonesia bisa bikin 1 4 juta motor listrik per tahun 856c865

Tangerang – Dalam proses elektrifikasi, Kementerian Perindustrian terus berkomitmen mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Menteri Perindustrian Perdagangan Agus Gumiwang Kartassmita melaporkan: Saat ini Indonesia didukung oleh 48 perusahaan sepeda motor listrik dengan Produksi 1,43 juta mobil per tahun.

Menperindag menyampaikan, saat ini Indonesia telah menciptakan ekosistem dua kendaraan listrik, terdapat 48 perusahaan sepeda motor listrik dengan kapasitas produksi 1,4 juta mobil per tahun, dan total investasi sebesar 800 miliar dolar. Pembukaan IMOS 2023 di ICE BSD, Tangerang disebutkan kabarkutim.com Automotive.

Ia menambahkan, hal ini merupakan langkah untuk menunjukkan dukungan Kementerian Perindustrian dan Perdagangan terhadap implementasi komitmen pemerintah dalam penurunan emisi.

Selain itu, Menperin juga menyampaikan, Berdasarkan data pendaftaran kendaraan listrik bertenaga baterai (KBLBB) pada Januari hingga September 2023, tercatat 67 ribu kendaraan roda dua.

“Pemerintah kini telah memberikan bantuan untuk pembelian kendaraan roda dua KBLB,” ujarnya.

Sesuai Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 Tahun 2023 juncto Nomor 21 Tahun 2023, pemerintah memberikan bantuan berupa potongan harga sebesar Rp7 juta untuk setiap pembelian unit KBLBB roda dua dengan tingkat komponen dalam negeri. (TKDN) minimal 40 persen.

“Bantuan ini diberikan kepada seluruh WNI yang berusia minimal 17 tahun dan memiliki kartu identitas,” kata Menteri Agus.

Menperin menyampaikan, saat ini terdapat 16 perusahaan industri roda 2 KBLBB yang terdaftar mengikuti program tersebut dengan 38 model yang masuk dalam platform penyaluran program bantuan tersebut, “Hingga tanggal 20 Oktober, sudah lebih dari 7.500 penerima manfaat. menerima bantuan”

Menteri Agus juga berharap semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan manfaat dari insentif yang diberikan pemerintah agar ekosistem kendaraan roda dua KBLBB dapat lebih dikembangkan, sejalan dengan komitmen penurunan emisi karbon di Indonesia.

Berdasarkan informasi tambahan, sepanjang Januari hingga September 2023, kendaraan roda dua terjual di dalam negeri sebanyak 4,7 juta unit dan mobil yang diekspor sebanyak 428 ribu unit.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang terjual 3,6 juta unit di dalam negeri dan 568 ribu ekor diekspor. Sementara penjualan pada 2022 mencapai 5,2 juta unit dan ekspor 643 ribu unit. 10 tahun perusahaan ini membantu UMKM memasuki ekosistem digital sepanjang perjalanannya telah menunjukkan komitmen mereka dalam memberikan kemudahan kepada pelanggan dan membantu kemajuan UMKM di Indonesia dalam bentuk percepatan digital entry. kabarkutim.com.co.id 1 Februari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *