Ini Dia Benda Tercepat di Dunia yang Melebihi Kecepatan Cahaya

ini dia benda tercepat di dunia yang melebihi kecepatan cahaya fb73ebd

JAKARTA – Sebagian masyarakat kota mungkin mengetahui apa saja objek tercepat di dunia. Rupanya jawabannya bukanlah mobil balap, pesawat terbang, atau bahkan roket luar angkasa.

Seperti yang diumumkan Live Science Senin (4/3/2024), objek tercepat di dunia sangat bergantung pada cara kita mendefinisikannya. Namun jawaban yang paling umum adalah ringan.

Bacaan Lainnya

Dalam ruang hampa, cahaya bergerak dengan kecepatan sekitar 186.000 mil atau 300.000 kilometer per kabarkutim.com. Sejauh ini, belum ada benda lain di Bumi, atau bahkan di alam semesta, yang mampu melebihi kecepatan cahaya.

Cahaya termasuk dalam kategori benda karena merupakan gelombang dan partikel. Dan sebagian besar fisikawan sepakat bahwa partikel adalah benda.

Menurut John Matthews, fisikawan di Universitas Utah, partikel yang disebut foton adalah benda tercepat di ruang hampa. Setelah foton memasuki atmosfer bumi, kecepatannya sedikit berkurang.

Namun dalam kondisi yang menguntungkan, cahaya tidak bisa disebut sebagai objek tercepat di dunia. Matthew melanjutkan, dia dan timnya telah mengidentifikasi beberapa partikel cepat lainnya.

Matthews sendiri merupakan bagian dari tim yang telah mendeteksi partikel ultracepat yang berasal dari sinar kosmik berenergi sangat tinggi, hujan partikel subatom yang menghujani Bumi dari luar angkasa.

Salah satu partikel tercepat yang ditemukan disebut partikel “Ya Tuhan”, yang diidentifikasi oleh rekan-rekannya pada tahun 1991 sebagai sinar kosmik berenergi tertinggi yang pernah diamati.

Partikel-partikel tersebut mulai mendekati kecepatan cahaya dalam ruang hampa. Namun, ketika mereka menabrak atmosfer bumi, secara alami mereka terus berakselerasi dan kecepatannya melebihi kecepatan cahaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *