Jadi Penyebab Tertinggi Kematian Jemaah Haji Indonesia, Kenali Tanda Serangan Penyakit Jantung

jadi penyebab tertinggi kematian jemaah haji indonesia kenali tanda serangan penyakit jantung 48bb373

Mekkah – Salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian jemaah haji Indonesia pada musim haji 2023 adalah penyakit jantung.

Hingga hari ke-25 ibadah haji, Senin 19 Juni 2023, 42 dari 78 jamaah haji meninggal dunia di Arab Saudi akibat penyakit jantung.

Jemaah haji harus mewaspadai tanda-tanda serangan jantung: seperti nyeri dada sebelah kiri yang tiba-tiba, sesak napas, kelelahan ekstrem, keringat dingin, dan nyeri ulu hati.

Dokter Penanggung Jawab KKHI Mekkah Dr. Muhaimin Munizu, Sp.JP mengatakan, apabila jamaah haji mengalami tanda-tanda tersebut, segeralah mencari pertolongan ke tenaga kesehatan terdekat.

Apabila kondisi tersebut dialami oleh jamaah haji, diharapkan segera menghubungi tenaga kesehatan haji di Kloter (TKH). Lebih lanjut, TKH juga diharapkan dapat melakukan skrining lebih cepat dengan penelitian EKG.

Alat rekam jantung/EKG tersedia di seluruh Puskesmas sehingga deteksi dini penyakit jantung dapat dilakukan dengan lebih mudah.

“Jika masyarakat menunjukkan tanda-tanda serangan jantung, segera dapatkan bantuan dari petugas kesehatan. “TKH kelompok dapat dengan cepat melakukan pemeriksaan EKG di Puskesmas yang bersangkutan”, kenang Dr.

Harapannya adalah mencegah komplikasi dari serangan jantung itu sendiri, lanjutnya.

Dr Muhaimin menekankan, deteksi dini gangguan jantung akut atau serangan jantung sangat penting untuk mencegah komplikasi serangan jantung. Menteri Agama terbang ke Arab Saudi dan membahas Ta’limatul Haji dengan Kementerian Haji. Menteri Agama akan melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi paling lambat 11 Januari 2024. Ada sejumlah agenda yang akan dilaksanakan sebagai upaya memperbaiki situasi Pelayanan Haji 2024 kabarkutim.co.id 7 Januari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *