Jokowi dan Erick Thohir Terbang ke Makassar, Bakal Resmikan Pelabuhan dan Jalan Tol

jokowi dan erick thohir terbang ke makassar bakal resmikan pelabuhan dan jalan tol 772031b

kabarkutim.com.com, Jakarta mendampingi Presiden dalam kunjungannya ke . Di Makassar, Jokowi akan meresmikan sejumlah proyek strategis BUMN.

Pada Kamis (22/2/2024), Jokowi akan meresmikan dan Tol baru Makassar.

Bacaan Lainnya

Tugas salah satu percepatan pertumbuhan Indonesia bagian timur yang diberikan langsung oleh Presiden pada tahun 2021, dapat diselesaikan Kementerian BUMN dalam waktu yang ditentukan.

“Alhamdulillah, kami di Kementerian BUMN berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan Presiden kepada kami dalam waktu yang telah ditentukan. Saya kira pada tahun 2021 ini Presiden memberikan tugas kepada kami untuk mempercepat penyelesaian pembangunan dua . berharap kerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan PUPR ini dapat menjadikan Makassar sebagai pelabuhan baru yang “berperan penting bagi industri lokal sekaligus hub Indonesia bagian timur,” kata Erick Thohir di Makassar, Rabu (21/02/2024). .

Erick berharap sejarah Kota Makassar yang identik dengan pelabuhan semakin meningkat pertumbuhan dan kemajuannya dengan hadirnya pelabuhan baru Makassar. “Makasar dan kemajuan Indonesia Timur ditentukan oleh pelabuhan. Dalam sejarah perkembangan Makassar, sejak ratusan tahun yang lalu merupakan pelabuhan, maka saya berharap dengan diresmikannya pelabuhan ini membawa keberkahan yang besar bagi Makassar.” dia melanjutkan. Proyek tol

Tak hanya itu, pembangunan di pelabuhan baru Makassar sepanjang 3,2 km yang terhubung dengan pelabuhan di Kota Makassar diharapkan dapat meningkatkan daya saing kawasan industri dan menekan biaya logistik, serta distribusi barang. dan layanan antar wilayah.

Pembangunan jalan tol di pelabuhan baru Makassar ini merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) Pemerintah Pusat yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui badan usaha tol. Pembebasan lahan untuk proyek ini dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

merupakan perpanjangan dari dermaga MNP Fase 1B dan 1C yang memiliki luas 1.280 meter persegi. MNP membangun PT Pelabuhan Indonesia (Persero) di atas lahan seluas 52 hektar untuk mendukung pertumbuhan perekonomian di wilayah timur Indonesia. MNP dibangun dengan menyerap investasi senilai Rp 10 triliun.

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) menyatakan ada 12 proyek yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional (NSP).

Asisten Deputi Percepatan dan Pendayagunaan Pembangunan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Suroto mengatakan, keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 8 Tahun 2023 jo Perubahan Keempat. Keputusan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional.

Jadi di Permenko 8 Tahun 2023 memang ada 12 PSN yang dihapus dari daftar PSN, kata Suroto dalam konferensi pers pengembangan PSN, di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, pada Rabu (7/2/204).

Dia menjelaskan, 12 PSN yang diterbitkan mengacu pada hasil evaluasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), serta kementerian teknisnya. Belum ada kemajuan dalam pembangunan 12 PSN.

“Memang kemarin sampai semester II 2023 sepertinya belum ada kemajuan, jadi kemarin kementerian teknis mengusulkan dan ketua diperintahkan delist dari PSN. Tapi meski delisting, daftar PSN tetap jalan. program reguler, tapi tanpa mendapatkan manfaat PSN,” jelasnya.

Ia juga menyebut salah satu proyek yang dikeluarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari daftar PSN 2023 adalah kereta api semi cepat Jakarta-Surabaya.

Daftarnya antara lain pembangunan pelabuhan baru Ambon, kereta semi cepat Jakarta Surabaya, kawasan industri, pembangunan jalan tol, ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *