KAI Commuter: Impor Tiga Rangkaian KRL Antisipasi Lonjakan Penumpang

kai commuter impor tiga rangkaian krl antisipasi lonjakan penumpang dda6bf1

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA – PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) mengumumkan impor tiga set kereta KRL akan tiba pada 2024, dengan mempertimbangkan peningkatan jumlah penumpang.

Kini terdapat 12 kereta di setiap rangkaiannya. “Kami berupaya memastikan pada tahun 2024 ada tiga set kereta yang diimpor. Ini yang akan kami manfaatkan untuk mempertimbangkan peningkatan penumpang,” kata General Manager KAI Commuter Asdo Artrivianto saat jumpa pers di gedung KAI Commuter Jakarta, Kamis (11/1/2024).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, pada proyek 2023-2027, telah mendapat instruksi dari pemerintah dan meminta persetujuan pemerintah untuk menjalankan tiga kereta KRL. Prosesnya dimulai pada Agustus (2023) dan hingga saat ini KCI sedang mengumpulkan referensi. “Kami bekerja sama dengan banyak kontraktor yang berminat dengan prakonstruksi di Indonesia, khususnya di Jabodetabek,” kata Asdo.

Selain itu, kata dia, rincian ketiga kereta tersebut juga harus memenuhi persyaratan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub). “Kita baru siapkan, informasinya banyak, tentunya kita minta bantuan Dirjen Perkeretaapian untuk pengaturannya, agar tidak bingung dengan kondisi pembangunan di sini. Banyak yang memikirkan rutenya, rutenya. lebar kereta, tidak ada informasi teknis yang diperlukan dalam kondisi konstruksi di sini, “katanya.

KCI saat ini sedang berselisih dengan lima produsen terkait impor tiga jersey KRL. Ada lima pabrikan dan mereka berharap bisa masuk ke India. Nantinya, KCI akan memberikan beberapa bahan referensi seputar produksinya.

KCI memilih yang paling efisien terutama karena alasan finansial. Sebab anggaran pengadaannya didukung pemerintah melalui suntikan modal masyarakat tahap pertama pada tahun 2024.

“Harus sesuaikan dengan budget. Kalau banyak penawaran, tapi banyak harga yang terlalu tinggi,” ujarnya.

Selain mengimpor tiga KA KRL, KCI juga akan mengupgrade empat KA KRL menjadi PT INKA pada tahun 2024. Ke depan jumlahnya juga akan berkurang karena dibutuhkan empat kereta, harus ditingkatkan menjadi INKA.

“Mengapa kami memesan tiga kereta impor? Karena pada bulan Februari kami mengirimkan dua kereta ke INKA untuk diperbaiki, kami mengirimkannya pada pertengahan tahun. “INKA” punya dua lagi. Oleh karena itu, untuk menutup kekurangan ini, kami akan melakukan pengiriman lebih cepat,” kata Asdo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *