Kapal Pembersih Sungai Cisadane dari Coldplay Udah Sampe, Bisa Angkut 6 Ton Sampah Sehari

kapal pembersih sungai cisadane dari coldplay udah sampe bisa angkut 6 ton sampah sehari 3c26dae

Tangerang – Pemprov Tangerang menerima Neon Moon II. Kapal pencegat dibantu The Ocean Cleanup dan Coldplay ini berada di Sungai Sisadan di Tanjung Burong, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang pada Senin, 27 September 2023.

Ditujukan sebagai pemulung sampah, kapal ini akan diuji terlebih dahulu sebelum bisa beroperasi penuh pada awal tahun 2024. Yuk, gulir ke bawah untuk mengetahui detail selengkapnya.

Sekretaris Daerah Tangerang, Much Misial Rashid mengatakan, kapal bantu milik grup ternama asal Inggris ini mampu mengangkut sampah berkapasitas 6 ton per hari.

Pada Selasa, 28 September 2023, ia mengatakan, “Kapasitasnya 6 ton per hari. Jadi otomatis permasalahan sampah di sungai bisa teratasi.”

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fakhrul Rosie mengatakan, untuk memaksimalkan operasional, pihaknya saat ini sedang melakukan pelatihan kepada 12 orang untuk bisa mengoperasikan wadah penyedot sampah Neon Moon II.

Dia menambahkan: “Saat ini kami telah memperlengkapi 12 staf untuk dilatih beroperasi dan berharap dapat beroperasi penuh pada Januari 2024.”

Setelah beroperasi, tongkang sampah akan membersihkan sampah-sampah di Sungai Sisadani, kemudian sampah yang terkumpul akan dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS), kemudian dipilah, dijadikan pupuk dan didaur ulang menjadi produk yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

“Kapal ini mampu menampung lebih dari 6 ton sampah plastik dari Sungai Sisadan untuk selanjutnya dibawa ke pusat pengumpulan dan pengolahan sampah,” ujarnya. Jokowi meninjau proses pengolahan sampah di TPST Cilacap. Mesin RDF TPST Cilacap memiliki kapasitas pengolahan sampah sebesar 200 ton. kabarkutim.co.id 2 Januari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *