Kapsul Manufaktur Obat-obatan Luar Angkasa dari Varda Segera Kembali ke Bumi

kapsul manufaktur obat obatan luar angkasa dari varda segera kembali ke bumi 232fa12

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA — pertama yang digagas perusahaan swasta akan segera kembali memasuki atmosfer bumi. Jika semuanya berjalan lancar, kapsul luar angkasa berbentuk kerucut W-1 selebar 0,9 meter akan mendarat di Utah, Amerika Serikat pada Rabu (21/2/2024) waktu setempat.

Dikutip dari laman Space, Varda Space Industries yang berbasis di California mendapat izin dari Federal Aviation Administration (FAA) AS untuk mendaratkan kapsul tersebut. Kapsul tersebut akan mendarat dengan parasut di salah satu pangkalan militer AS di sebelah barat Salt Lake City.

Tergantung pada kondisinya, kapsul dapat mendarat di Utah Test and Training Range (UTTR) atau Dugway Proving Ground di dekatnya. Dengan kapsul tersebut, Varda memproduksi obat-obatan di luar angkasa yang dikatakan memiliki lingkungan dan manfaat yang unik.

“Keuntungan ini terutama berasal dari kurangnya gaya konveksi dan sedimentasi, serta kemampuan untuk membentuk struktur yang lebih sempurna karena kurangnya tekanan gravitasi. Efek ini ‘terkunci' di dalam material, biasanya melalui kristalisasi material. , sebelum dunia dihidupkan kembali,” kata Varda dalam sebuah pernyataan.

Kapsul seri W milik perusahaan yang akan kembali ke Bumi dirancang untuk bertahan dalam perjalanan berapi melalui atmosfer di akhir misi. Kapsul pertama Varda diluncurkan pada Juni 2023, sebagai salah satu dari banyak muatan dalam misi berbagi perjalanan Transporter-8 SpaceX.

Saat kapsul W-1 berada di orbit, kristal Ritonavir, obat antivirus yang digunakan untuk mengobati HIV dan hepatitis C, tumbuh. Varda awalnya berencana membawa pulang kapsul dan muatan berharganya setelah satu atau dua bulan.

Namun, perusahaan tersebut kesulitan mendapatkan izin masuk kembali dari Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) dan militer AS. Izin tersebut baru diberikan kepada Varda Space Industries pada pekan lalu.

Kapsul Varda diintegrasikan ke dalam satelit Rocket Lab Photon, yang menyediakan tenaga, propulsi, navigasi, komunikasi, dan layanan penting lainnya. Foton juga akan menghantam atmosfer bumi pada 21 Februari, namun sebagian besar akan terbakar.

Pendaratan W-1 akan menandai pesawat ruang angkasa kedua yang mendarat di Utah utara dalam waktu kurang dari lima bulan. Mendarat pada 23 September 2023 kapsul misi OSIRIS-REx milik Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) sedang mengambil sampel asteroid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *