Kasmidi Ajak Semua Elemen Bersatu Berantas Penyalahgunaan Narkotika » Kutim Post

kelurahan bersinar 1

POST, Sangatta, Kasmidi Ajak Semua Elemen Bersatu Berantas Penyalahgunaan Narkotika – Wakil Bupati (Kutim) Kasmidi Bulang membuka secara resmi sosialisasi tentang Desa/Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) dan Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) bagi RT/RW Se-Kelurahan Teluk Lingga dan Kelurahan Singa Geweh, Senin (15/08/2022) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangatta Utara.

Sosialisasi tersebut merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan wilayah yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Bacaan Lainnya

Dua kelurahan tersebut dicanangkan sebagai pilot project kelurahan Bersinar di Kutim dengan harapan mampu meningkatkan peran serta seluruh komponen masyarakat dalam Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kepala BNK Kutim, Kasmidi Bulang yang juga sebagai Wabup Kutim menuturkan bahwa BNK memiliki tugas pokok dalam P4GN, namun tugas itu bukan hanya tugas kepolisisan akan tetapi merupakan tugas bersama masyarakat.

“Semoga dengan pembentukan dan operasional unit IBM di Kelurahan Teluk Lingga dan Kelurahan Singa Geweh ini, akan semakin memperkuat penanganan masalah penyalahgunaan narkoba dan semakin mempercepat terwujudnya Kelurahan Bersinar,” harapnya.

Kegiatan tersebut kata Kasmidi, sudah menjadi program nasional yang nanti muaranya di semua kelurahan dan desa-desa menjadi desa Bersinar.

“Dengan adanya program ini, nantinya di setiap desa akan dibentuk relawan/satgas. Untuk di Kutim sementara dua kelurahan yang di tunjuk sebagai percontohan yakni Kelurahan Teluk Lingga dan Kelurahan Singa Geweh dan ini merupakan program nasional,” ucapnya.

Kasmidi Ajak Semua Elemen Bersatu Berantas Penyalahgunaan Narkotika

Selanjutnya Kasmidi mengatakan, dengan adanya relawan/satgas di kawasan tersebut maka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba akan selalu terpantau, sehingga tidak harus pihak kepolisian yang menjaga.

”Disana ada tokoh-tokoh masyarakat, ketua RT dan RW untuk membackup, jika pun ada terjadi penyalahgunaan narkoba dapat segera disosialisasikan dan berkoordinasi dengan pihak yang berwajib,” kata ia.

Seperti diketahui bersama bahwa saat ini untuk memberantas penyalahgunaan narkoba sangat susah sekali, bahkan tidak hanya di konsumsi orang dewasa saja namun anak-anak pun sudah banyak yang menyalahgunakannya, seperti penggunaan lem serta obat batuk kemasan sachet.

Untuk itu Kasmidi berharap kepada seluruh eleman masyarakat dari tingkat desa, kelurahan dan kecamatan agar dapat bersatu memberantas penyalahagunaan narkotika, khususnya di Kutim.

“Di dalam Kelurahan bersinar salah satunya terdapat program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba yang Bertujuan untuk mendorong semua anggota keluarga guna meningkatkan kualitas keterampilan hidup anggota keluarga tentang keterampilan pola pengasuhan orangtua dan Keterampilan hidup anak terkait bahaya narkoba serta penerapan pola hidup sehat dalam keluarga,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) adalah suatu program nasional yang diinisiasi oleh BNN untuk mendorong pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat untuk dapat berperan serta dalam upaya P4GN, yaitu dengan mencegah, melidungi dan menyelamatkan bangsa dari penyalahgunaan narkoba yang dilaksanakan secara mandiri oleh pemerintah daerah bersama dengan masyarakat keluruhan. (*)

Kabar Kutim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.