Kasus Pertama, Flu Burung Sebabkan Kematian Beruang Kutub

kasus pertama flu burung sebabkan kematian beruang kutub 7d6fe5d

JAKARTA – Seekor beruang mati untuk pertama kalinya di Utqiagvik, . Mamalia miskin telah mati akibat dampak parah dari epidemi ini di Amerika Serikat.

adalah spesies terbaru yang mati akibat flu burung setelah menginfeksi lumba-lumba, anjing laut, rubah, dan berang-berang di Inggris. Penelitian ini menunjukkan bahwa risiko terkena flu burung semakin meningkat.

Bacaan Lainnya

Sebagai informasi, virus flu burung atau yang dikenal dengan H5N1, selain dapat menginfeksi burung, juga dapat menginfeksi manusia. Orang yang tertular biasanya adalah peternak unggas.

“Ini adalah kasus beruang pertama yang dilaporkan di mana pun,” kata Dokter Negara Bagian Alaska, Bob Gerlach, Selasa (9/1/2024).

Beruang adalah hewan pertama yang terdaftar di bawah undang-undang hukuman mati di Amerika Serikat. Beruang kutub, juga dikenal sebagai ursus maritimus, juga terdaftar sebagai terancam oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam.

Hewan-hewan ini sangat terancam oleh perubahan iklim, karena suhu Arktik bergantung pada es laut, tempat mereka berburu dan membesarkan anak-anaknya.

Hewan ini juga memainkan peran penting sebagai predator utama di kawasan ini, menjaga rantai makanan tetap sehat dengan memakan predator lain seperti anjing laut, yang jika dibiarkan, dapat berdampak signifikan terhadap populasi ikan.

Namun, ketika es laut menyusut, beruang kutub beralih ke sumber makanan lain dan mencari makan. Itulah yang terjadi di sini. Beruang yang terinfeksi pertama kali memakan bangkai burung yang terinfeksi virus H5N1.

“Jika seekor burung mati karena hal ini, apalagi jika dipelihara di lingkungan dingin, virus dapat bertahan hidup di lingkungan tersebut dalam waktu singkat,” kata Dr. Gerlach.

Dalam wabah sebelumnya, virus ini terutama menyerang unggas peliharaan, sedangkan burung liar turut menyebarkan ini. Virus tersebut kemudian menyebar ke hewan lain.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *