Kementerian Kominfo Jalin Kerja Sama dengan Microsoft, Dorong Transformasi Digital Nasional

kementerian kominfo jalin kerja sama dengan microsoft dorong transformasi digital nasional c53e826

kabarkutim.com.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan telah bermitra dengan Indonesia. Kemitraan ini tercipta untuk memanfaatkan sinergi guna meningkatkan implementasi teknologi informasi dan di sektor .

Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika, menekankan pentingnya kerja sama pemerintah dan swasta dalam implementasi . Kemitraan ini ditandatangani antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Microsoft dengan Nota Kesepahaman.

Bacaan Lainnya

“Pemerintah Indonesia meyakini kerja sama multilateral sangat diperlukan melalui kerja sama antara pemerintah dan swasta,” kata dalam siaran pers, Kamis (14/3/2024).

Budi Ari mengatakan model kemitraan pemerintah-swasta akan memungkinkan kolaborasi keahlian, sumber daya, dan terkini dalam implementasi kebijakan di .

“Selain itu, pelaku industri mempunyai peluang untuk membuka usaha baru, memperluas akses pasar, dan memperluas jangkauan layanan.”

Menkominfo meyakini hubungan dua arah antara pemerintah dan pelaku industri dapat mendorong ruang kebijakan digital untuk mengidentifikasi inovasi, pertumbuhan ekonomi, dan manfaat bagi semua pihak.

Budi Arie juga mengucapkan terima kasih kepada Microsoft Indonesia yang telah mendukung transformasi digital dan mendorong pembelajaran melalui kolaborasi.

Terkait kemitraan ini, Presiden Microsoft Indonesia Dharma berharap dapat menginspirasi inovasi-inovasi baru. Oleh karena itu, kemitraan ini diharapkan dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

“Kami berharap langkah penandatanganan nota kesepahaman hari ini dapat mendorong dan melahirkan inovasi-inovasi baru.”

Kemitraan antara Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Microsoft ini meliputi pengembangan sumber daya manusia di sektor digital, penguatan infrastruktur, dan digitalisasi pemerintahan.

Selain itu, kerja sama ini antara lain membahas isu penguatan tata kelola kecerdasan buatan yang bertanggung jawab, penerapan dan praktik perlindungan data pribadi.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi meluncurkan redaksi Kominfo. Nezar Patria, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika membuka ruang redaksi Kominfo.

Menurut Nezar, penggunaan media digital merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat dan tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, keterampilan manajemen media sosial merupakan suatu keharusan bagi para manajer komunikasi, dalam hal ini redaksi Cominfo dan jaringannya.

“Kehadiran Media Center dan mitra Cominfo Newsroom lainnya, khususnya dalam produksi dan penyebaran informasi positif tentu menjadi sebuah harapan. Jika kita bisa lebih berpartisipasi maka peran ini akan semakin meningkat. Kita sendirilah pencipta konten yang paling besar,” ujar Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika pada Kamis (7/3/2024) kata Tekno dalam siaran persnya kepada kabarkutim.com.com.

Sekadar informasi, redaksi Cominfo dikelola oleh Direktorat Pengelolaan Media Direktorat Jenderal IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika. Portal informasi ini memiliki tujuh saluran media digital yang tersegmentasi berupa portal berita, audio visual, dan media cetak.

Ketujuh saluran tersebut adalah Portal Indonesia (Indonesia.go.id), InfoPublik, GPR TW, Indonesia Baik, FMB9, Komunika dan GPR News.

Ruang redaksi Kominfo berperan penting dalam memproduksi dan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Portal ini mempunyai visi dan misi untuk memfasilitasi informasi yang otentik, dapat dilaporkan dan terpercaya terkait program pemerintah kementerian pusat dan daerah.

Secara umum, redaksi Cominfo merupakan upaya untuk memberikan kemudahan akses informasi kepada masyarakat yang tinggal di pelosok tanah air.

Cominfo Newsroom bermitra dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan komunitas, yang juga dikenal sebagai media center, untuk menghasilkan informasi dan konten.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *