Ketua DPD Perhiptani Kutim Gelar Pertemuan Bersama PPL di Wilayah Pesisir

WhatsApp Image 2022 06 05 at 08.48.19

KABAR KUTIM, KALIORANG – Ketua DPD Perhiptani Gelar Pertemuan Bersama PPL di Wilayah Pesisir. Salah satu kunci utama keberhasilan pembangunan pertanian adalah terkait dengan sumber daya manusia khususnya petani sebagai pelaku usaha pertanian. Pada daerah -daerah yang maju pertaniannya, umumnya terdapat kelompok- kelompok tani yang memiliki dedikasi, semangat dan kemampuan yang luar biasa dalam memajukan pertanian diwilayahnya.

Namun dibalik keberhasilan kelompok tani tentunya tidak terlepas dari kehadiran dan pendampingan yang dilakukan oleh penyuluh pertanian lapangan (PPL), peran tenaga PPL sangat menentukan untuk mendorong kemajuan dan kemandirian kelompok tani.

Bacaan Lainnya

Dalam hal ini, Ketua DPD PERHIPTANI Kabupaten Dr. H Kasmidi Bulang, ST. MM., akan berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan PPL di Kutai Timur, salah satunya dengan melakukan dialog dan silahturahmi bersama PPL.

Kasmidi Bulang gelar pertemuan kepada PPL yang ada di wilayah pesisir, yakni PPL Kecamatan Sangkulirang, Sandaran, Kaliorang, Kaubun dan Sandaran. Kegiatan itu di pusatkan di Desa Selangkau, Kecamatan Kaliorang, tepatnya di Pantai Jepu-Jepu. pada Sabtu (04/06/2022).

“Peran penyuluh pertanian sangat menentukan keberhasilan pembangunan pertanian. Peran penyuluh pertanian dapat dikatakan sebagai garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani saat ini. Penyuluh berperan sebagai perantara dan penghubung informasi untuk petani maupun dari petani,” ujar Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, yang juga sebagai Ketua DPD Perhiptani Kutim.

Dikatakannya bahwa PPL merupakan orang-orang hebat, sehingga harus di suport, serta komunikasi antara organisasi dengan pemerintah harus terus berjalan dengan baik.

“Mari kita bekerja secara maksimal, yang pertama kita akan memberikan reward untuk PPL yang berprestasi dan juga akan membuat seragam yang moderen untuk semua PPL di Kutim. Selain itu dalam waktu dekat kita juga akan mengelar musyawarah kerja yang dirangkai dengan pelatihan-pelatihan, saya berharap semua PPL bisa hadir,” pungkasnya.

Ketua DPD Perhiptani Kutim Gelar Pertemuan Bersama PPL di Wilayah Pesisir

Dalam kesempatan itu, Kasmidi meminta untuk PPL terus bekerja dan suport pemerintah untuk kemajuan Kabuoaten Kutim.

“Penyuluh harus lebih aktif dan rajin lagi sesuai dengan penugasannya, melaporkan kemajuan-kemajuan teknologi pangan atau kesedian pangan kita dan kesedian lahan yang bisa kita suport untuk membangun kekuatan pangan di Kutai Timur. Bantu petani dan masyarakat yang berkecimpung khusus di dunia pertanian,” harapnya.

PPL merupakan petugas dari Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan kabupaten/kota yang diperbantukan untuk memberikan pengarahan, pembinaan, dan penyuluhan di bidang pertanian dengan basis administrasi kecamatan.

Kabar Kutim

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.