Keutamaan Masjid Al Aqsa dalam Alquran dan Hadis, Tanah Suci yang Dihormati

keutamaan masjid al aqsa dalam alquran dan hadis tanah suci yang dihormati 420ca6a

Jakarta – Masjid Al-Aqsa merupakan salah satu dari tiga masjid suci umat Islam yang memiliki nilai sejarah berbeda. Masjid di Yerusalem, Palestina merupakan tempat pertama bagi umat Islam.

Selain itu, Masjid Al-Aqsa juga ikut serta dalam sejarah Israel Nabi Muhammad SAW. Menurut buku Marah Labid karya Syekh An Nawawi Al Bantani, Masjid Al-Aqsa dipilih sebagai lokasi Israel karena dapat memindahkan Burak ke Sidratullah Muntaha.

Dikutip dari NU Online, Senin 6 Oktober 2023 Rasulullah SAW pernah menggambarkan kehebatan Masjid Al-Aqsa dalam kalimat berikut:

“Janganlah kamu kencangkan pelana (melakukan perjalanan jauh) kecuali mengunjungi tiga masjid: Masjid al-Haram, Masjid Al-Aqsa dan Masjidku (Masjid Nabawi, Madinah)” HR Bukhari.

Dalam Al-Qur’an Allah SWT juga berfirman bahwa Masjid Al-Aqsa adalah masjid yang diberkahi, sebagaimana tertulis dalam Surat Isra’i ayat 1:

“…Masjid al-Aqsa, yang sekelilingnya Kami berkahi…”1. pahala yang besar jika kamu shalat di dalamnya

Maimunah binti Saad dalam sebuah Hadits tentang Haji ke Masjidillax mengatakan:

“Wahai Nabi Allah, berilah aku fatwa tentang Yerusalem.”

Nabi bersabda: “Tempat berkumpulnya membubarkan (orang), maka datanglah dan salatlah di dalamnya, karena salat di dalamnya ibarat salat 1000 rakaat di tempat lain.”

Monyet itu berkata lagi, “Bagaimana jika saya tidak bisa?”

“Baiklah, berikanlah minyak untuk penerangannya, siapapun yang memberi, maka akan datang kepadanya seolah-olah,” kata Rasulullah 2. Tanah suci yang dihormati.

Setelah Mekkah dan Madinah, Allah SWT pun menyebut Baitul Maqdis sebagai tanah suci. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 21 yang berbunyi: “Wahai umatku, masuklah ke tanah suci (Beitulmakdis)…”

Ayat di atas memuat kisah Nabi Musa AS yang memerintahkan umatnya untuk masuk ke tanah suci Palestina atau menyebutkan terkadang beliau menggunakan kata Baitul Maqdis atau rumah suci dan bisa juga al ardah al muqaddasah. 3. Tempat Israel Hal selanjutnya yang dilakukan Allah terhadap Masjid Al-Aqsa adalah ditempatkan di tempat Israelnya Nabi Saw. Hal ini diriwayatkan melalui Al-Qur’an surat Al-Isra’i ayat 1 yang berbunyi:

“Maha suci (Allah) yang mengutus hamba-Nya (Nabi Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa, yang disekitarnya Kami beri berkah, agar Kami dapat menunjukkan kepadanya sebagian dari wahyu Kami. Sesungguhnya Dialah yang mendengar dan melihat.”

Ayat di atas menceritakan tentang perjalanan Nabi Muhammad SAW ke Israel dalam satu malam. Dalam perjalanan ini Nabi SAW bersama Jibril memimpin salat nabi-nabi terdahulu 4. Alqiblar Muslim Pertama

Sebelum Masjid Makkah ditetapkan sebagai tujuan, Allah SWT terlebih dahulu menetapkan Masjid Aqsa sebagai tujuan. Dalam Suratul Baqarah ayat 143 Allah berfirman:

“Kami tidak menetapkan alkibla (Yerusalem) yang kamu tuju, kecuali kami mengetahui (sebenarnya) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berpaling.” Sesungguhnya (mengubah arah gerak) itu suatu perkara yang sulit, kecuali bagi orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah…”

Ayat ini mengatakan bahwa umat Islam menghabiskan 16 atau 17 bulan berdoa menghadap Baitul Maqdis. Namun di tengah perjalanan, Nabi meminta kepada Allah untuk membimbingnya menuju Ka’bah, dan Allah mengabulkan permintaan tersebut. Orang India mencari pekerjaan di Israel di tengah perang Gaza Ribuan orang India yang menganggur berbondong-bondong ke pusat pekerjaan untuk mencari pekerjaan konstruksi di Israel meskipun perang sedang berlangsung di Gaza. Pejabat Israel berada di India kabarkutim.com.co.id 2 Februari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *