Kolesterol Tinggi, Tubuh Perlihatkan Empat Tanda, Apa Saja?

kolesterol tinggi tubuh perlihatkan empat tanda apa saja 40b87b2

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA – Memiliki berarti terlalu banyak zat lemak yang disebut kolesterol dalam darah. Pada tahap awal, kolesterol tinggi tidak selalu menjadi hal yang perlu dikhawatirkan.

Namun seiring berjalannya waktu, kolesterol tinggi dapat menumpuk di arteri dan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, ini merupakan faktor risiko utama serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung.

Bacaan Lainnya

Laporan Ekspres, Selasa (9/1/2024) Banyak orang yang tidak menyadari dirinya memiliki kolesterol tinggi hingga mereka melakukan tes. Namun, ada beberapa tanda peringatan kolesterol tinggi yang bisa muncul di dalam tubuh.

Dokter umum National Health Service (NHS) Khalid Zalmay mengaku sudah banyak mendengar tentang bahaya kolesterol tinggi. Namun, kecuali Anda melakukan tes darah, seseorang mungkin tidak mengetahuinya karena biasanya tidak ada gejala.

Berbicara di YouTube, Dr. Zalmi berkata, “Kulit Anda juga bisa menunjukkan tanda-tanda bahwa Anda memiliki kolesterol tinggi.”

Gejala pertama adalah bintik kuning di sekitar kelopak mata. Bercak kuning ini secara medis dikenal sebagai xanthelasma.

Ini bisa menjadi gejala utama hiperkolesterolemia. Dr Zalmi menjelaskan, hal itu terjadi ketika kelebihan kolesterol dalam tubuh seseorang menumpuk di sekitar mata.

“Anda mungkin melihat pertumbuhan datar berwarna kuning di sekitar mata, dan endapan ini biasanya tidak berbahaya, menyakitkan, gatal, atau semacamnya, tapi bisa menjadi tanda kolesterol tinggi yang tidak terkontrol, diabetes, atau masalah kesehatan lainnya. Mungkin ada gejalanya, kata dr Zalim.

Tunas berwarna kuning kemerahan.

Bintik-bintik kuning-merah di seluruh tubuh mungkin mengindikasikan penyakit metabolisme yang mendasarinya. Menurut dr Zalme, salah satu penyebab utama munculnya benjolan berwarna kuning kemerahan tersebut adalah tingginya kadar trigliserida. Trigliserida berhubungan dengan kolesterol manusia.

Bintik-bintik lilin kecil ini bisa muncul hampir di mana saja di kaki, tangan, lengan, tungkai dan bahkan bokong, katanya.

Bintik-bintik kuning kemerahan ini disebut xanthomatosis. Benjolan ini tidak menular.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *