Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 132 Kurikulum 2013, Bagian Esai: Mobilitas Sosial

kunci jawaban ips kelas 8 halaman 132 kurikulum 2013 bagian esai mobilitas sosial 6b1496f

kabarkutim.com.COM – Lembar Jawaban IPS Kelas 8 SMP/MTs Silakan lihat Halaman 132 di Bagian Esai.

Soal IPS Kelas 8 halaman 132 Bagian essay membahas tentang mobilitas sosial.

Bacaan Lainnya

IPS kelas 8 halaman 132 ini dapat dijadikan pedoman bagi orang tua dalam memantau pekerjaan siswa. Kunci Jawaban Halaman 132

B.Pengujian

1. Jelaskan perbedaannya dengan contoh mobilitas sosial ke atas dan mobilitas sosial ke bawah!

Menjawab:

Mobilitas sosial ke atas adalah perpindahan status sosial seseorang dari kedudukan yang lebih rendah ke kedudukan yang lebih tinggi. Misalnya: promosi.

Mobilitas sosial ke bawah adalah ketika status sosial seseorang menurun dari kedudukan yang lebih tinggi ke kedudukan yang lebih rendah.

2. Jelas adanya persaingan untuk memperoleh jabatan politik tertentu yang dapat menimbulkan konflik sosial. Apa saja cara untuk mengurangi interaksi sosial agar tidak memicu konflik?

Menjawab:

Cara meminimalkan interaksi sosial agar tidak menimbulkan konflik antara lain: Menghindari fanatisme, meningkatkan rasa saling menghargai, Menerapkan kebijakan yang sehat, Menjaga sportifitas.

3. Mengapa faktor ekonomi menghambat mobilitas sosial?

Menjawab:

Faktor ekonomi menghambat mobilitas sosial, karena status ekonomi yang rendah dapat mempersulit peningkatan taraf hidup dan pendidikan.

Hal ini berbeda dengan masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi, yang dapat dengan mudah mencapai mobilitas sosial melalui pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik.

4. Apa yang menyebabkan perbedaan budaya pada masyarakat Indonesia?

Menjawab:

Perbedaan budaya yang ada pada masyarakat Indonesia adalah adat istiadat, agama, suku, tradisi, dan lingkungan.

5. Apa perbedaan asimilasi dan akulturasi?

Menjawab:

Akulturasi merupakan proses memadukan dua kebudayaan yang berbeda tanpa menghilangkan ciri-ciri kebudayaan aslinya. Asimilasi, sebaliknya, adalah proses menyatukan dua budaya, namun menghilangkan ciri-ciri budaya asli dan menciptakan budaya baru.

6. Jelaskan syarat-syarat integrasi sosial!

Menjawab:

Syarat terjadinya integrasi sosial adalah : Masyarakat harus mempunyai pola pikir bahwa dirinya mampu memenuhi kebutuhan satu sama lain. Masyarakat harus menyepakati norma-norma yang tidak tertulis secara resmi tetapi secara alamiah diwariskan dari generasi ke generasi. Standar yang telah diterapkan secara konsisten dalam jangka waktu yang relatif lama.

*) Penafian: Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu pembelajaran anaknya.

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan terbuka, artinya masih banyak pertanyaan yang belum terjawab sebagaimana disebutkan di atas.

(kabarkutim.com.com/Jayanti Tri Utami)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *