Lebih Hemat Mobil Listrik atau Mobil Hybrid? Ini Penjelasannya

lebih hemat mobil listrik atau mobil hybrid ini penjelasannya 77262af

Jakarta, 28 November 2023 – Mobil listrik dan mobil hybrid di Indonesia, mobil listrik semakin digemari. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah penjualan kedua jenis mobil tersebut, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia alias Gucindo.

Ada banyak alasan mengapa mobil listrik dan mobil hybrid diminati banyak masyarakat Tanah Air, mulai dari penghematan dan keuntungan hingga berbagai insentif yang bisa didapat. Namun, manakah yang lebih efektif?

Biaya bahan bakar

Biaya energi adalah salah satu aspek terbesar dari performa mobil. Mobil hybrid menggunakan kombinasi mesin bensin dan motor listrik sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih hemat dibandingkan mobil konvensional.

Berdasarkan angka dari berbagai sumber yang dikutip kabarkutim.com Otomotif, rata-rata konsumsi bahan bakar mobil hybrid adalah 20-25 kmpl. Oleh karena itu, untuk menempuh jarak 100 kilometer, Anda hanya membutuhkan 4-5 liter bensin Pertamax dengan harga Rp 53.600 hingga Rp 67.000.

Biaya listrik

Mobil yang sepenuhnya listrik menggunakan tenaga listrik untuk menggerakkan mobil. Harga listrik di Indonesia saat ini berkisar antara Rp1.400-Rp1.600 per kilowatt hour (kWh). Jika sebuah mobil listrik membutuhkan listrik sebesar 8,5 kWh untuk menempuh jarak 100 km, maka harga listriknya berkisar Rp 12.000 hingga Rp 13.600.

Biaya pemeliharaan

Biaya perawatan mobil hybrid sama dengan mobil biasa. Sebab, pada tipe tersebut ada bagian yang tidak jauh berbeda. Untuk mobil listrik, biaya pengoperasiannya lebih murah karena banyak sistem yang tidak memerlukan perawatan, seperti penggantian oli dan filter bahan bakar. Harga pembelian

Harga mobil hybrid di Indonesia saat ini mulai dari Rp 270 juta on the road DKI Jakarta yaitu Suzuki Ertiga Hybrid. Sedangkan mobil listrik seperti Wuling Air ev Lite dibanderol kurang dari Rp 200 jutaan setelah mendapatkan harganya.

Khusus untuk mobil listrik, penggunaan jalan off-road di Jakarta memiliki keunggulan lain berupa tol gratis dan murah.

Namun mobil hybrid lebih fleksibel digunakan untuk menempuh jarak jauh karena tidak bergantung pada listrik dan bahan bakar hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Otomotif Terpopuler: Kronologi Mobil Perwira Dashb Berita Motor Barpada Novandro yang membahas tentang sejarah Mobil Perwira Dashb dan Harga Sepeda Motor Barpada Novandro banyak dibaca hingga terkenal dan kabarkutim.com. Channel Otomotif kabarkutim.com.co.id 5 Januari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *