Lewat Program JKN, Biaya Pengobatan Alergi Dhenil Dijamin Penuh

lewat program jkn biaya pengobatan alergi dhenil dijamin penuh 0892c2d

kabarkutim.com.COM – Pastinya sangat menyedihkan bagi setiap orang tua melihat anak kesayangannya sakit. Meski proses pengobatannya terkadang mahal, mereka melakukan segala cara agar anak Anda dapat kembali beraktivitas normal dengan cepat. Namun, pembatasan biaya inilah yang seringkali menambah kesulitan bagi orang tua. Itulah mengapa sangat penting untuk melindungi diri Anda sejak awal sebagai tindakan pencegahan untuk memastikan Anda memiliki akses terhadap perlindungan dan layanan kesehatan yang tepat ketika Anda sakit.

Begitulah perasaan Danil Christophel Cabelen (11) yang kini dirawat di salah satu rumah sakit di Kupang. Ia dirawat karena penyakit yang membuat kulitnya sangat gatal. Ibu Elizabeth bisa tenang dengan pengobatan Denil karena ia aktif terdaftar sebagai anggota yang iurannya ditanggung pemerintah pusat. Sehingga mereka bisa fokus mengobati penyakit Daniel tanpa khawatir dengan biaya pengobatannya.

Bacaan Lainnya

“Anak saya sudah lama punya kartu JKN. Ia pun beberapa kali meminta bantuan Puskesmas melalui kartu JKN ini. “Kalau berobat ke puskesmas tidak dipungut biaya apa pun, kartu JKN menanggung semuanya,” Elizabeth memulai.

Karena alergi yang parah, Danil terlebih dahulu dibawa ke pusat kesehatan untuk mendapatkan perawatan. Sesampainya di Puskesmas, ia langsung ditangani dokter. Setelah itu, dokter merujuk saya ke rumah sakit untuk pengobatan alergi. Elizabeth bersyukur atas cepatnya penanganan di pusat kesehatan sehingga bayinya bisa dirawat sebaik saat ini di rumah sakit.

Ia mengaku baru pertama kali menjalani perawatan di rumah sakit. Semua bermula dari rasa cemas dan takut bahwa tidak terjamin, namun semua itu hilang setelah penjelasan yang diberikan oleh petugas rumah sakit.

“Setelah anak saya dibawa ke rumah sakit dan petugas menjelaskan bahwa bisa menanggungnya, saya sangat tenang. Kami tidak mengeluarkan biaya apapun selama rawat inap ini. Seluruh biaya rawat inap dan pengobatan ditanggung sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan,” kata Elizabeth.

Sejauh ini, Elizabeth mengaku bayinya mendapat perawatan yang sangat baik dari para dokter dan perawat. Tak hanya itu, staf administrasi yang menangani situasi Elizabeth dan anaknya saat itu pun sigap dan sigap sehingga anak Elizabeth, Daniel, bisa segera mendapat pelayanan.

“Saya puas dengan pelayanan yang kami terima selama perawatan ini. Layanan tersebut tidak berbeda dengan layanan yang kami terima dari pasien yang membayar bersama lainnya. Senangnya dia terdaftar sebagai peserta JKN oleh pemerintah, sehingga dia tidak perlu khawatir jika membutuhkan pelayanan kesehatan sekarang seperti anaknya,” kata Elizabeth.

Pengalamannya mengikuti program JKN menyadarkan Elizabeth bahwa sebagai peserta kita perlu memahami alur dan prosedurnya. Hal ini dilakukan agar mendapatkan pelayanan medis dengan mudah dan lancar. Ia juga berharap program JKN berhasil dan ingin masyarakat lain juga mendapatkan manfaat yang sama ketika sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Tidak ada yang mau sakit, tapi kalau tiba-tiba sakit, saya dan keluarga berharap bisa terus menggunakan kartu JKN ini untuk biaya pengobatan. Saya juga mengapresiasi pelayanan menggunakan kartu JKN yang sangat nyaman. “Terima kasih kepada pemerintah yang telah membayar iuran kami setiap bulannya dan kepada BPJS Kesehatan yang telah terampil menyelenggarakan program JKN ini,” tutup Elizabeth. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *