LPEI Kolaborasi dengan Kemendag, Sukseskan Trade Expo Indonesia 2022 yang Dihadiri Jokowi

lpei kolaborasi dengan kemendag sukseskan trade expo indonesia 2022 yang dihadiri jokowi 4e2a2a2

kabarkutim.com – Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Bank Exim Indonesia sebagai badan khusus Kementerian Keuangan RI selalu menjalin kerja sama dengan kementerian/lembaga terkait untuk mendorong ekspor nasional.

Kerja sama yang sudah terjalin lama antara LPEI dan Kementerian Perdagangan RI terus digalakkan. Kali ini LPEI menggandeng Kementerian Perdagangan RI sebagai mitra strategis Indonesia Trade Fair ke-37 di ICE BSD, Tangerang.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang hadir pada pembukaan Indonesia Trade Expo ke-37 berpesan kepada seluruh pihak untuk tetap optimis.

Apalagi, neraca perdagangan Indonesia akan surplus sepanjang tahun 2022, bahkan dalam 29 bulan terakhir.

“Sudah 29 bulan neraca perdagangan kita terus surplus. Dari bulan Januari hingga September, surplus kami mencapai $39,8 miliar. Ini bukanlah jumlah yang sedikit. “Ini juga berkat kerja keras bapak dan ibu,” kata Jokowi.

Sesuai pesan Presiden RI, semangat optimisme tersebut terus didorong oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dalam melaksanakan amanahnya melalui penyediaan jasa keuangan, penjaminan, asuransi, dan konsultasi kepada Indonesia. . pelaku usaha.

Salah satunya dengan menarik para pelaku usaha baik UMKM maupun perusahaan untuk mengikuti Trade Expo Indonesia ke-37 tahun 2022.

Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso mengatakan Trade Expo Indonesia merupakan peluang bagi mitra dan klien binaan LPEI untuk meningkatkan akses pasarnya.

Kami berharap melalui promosi dan contact grant, produk UMKM Indonesia dapat lebih dikenal di dunia internasional, yang pada akhirnya akan meningkatkan ekspor nasional.

Pada acara ini, Riyani berkesempatan berbicara langsung dengan calon pembeli yang sedang mengevaluasi produk mitra LPEI Kanada.

Pembeli di Tanah Air melihat potensi kelapa dan produk kelapa menjadi produk yang mampu memenuhi 1.700 gerai ritel yang mereka operasikan.

“Inilah peran strategis LPEI sebagai pendamping UMKM untuk memastikan usahanya berdaya saing dan berkelanjutan dari sudut pandang ekspor,” tambah Riani.

Setiap tahunnya, LPEI selalu mendukung Trade Expo Indonesia sebagai mitra strategis Kementerian Perdagangan, memberikan peluang dan wadah bagi pelaku usaha untuk mempromosikan dan menghubungkannya dengan calon pembeli dari luar negeri.

Kami berharap peluang yang diberikan LPEI saat ini dapat memberikan peluang bagi para mitra dan klien yang diusung LPEI untuk lebih berdaya saing di tingkat global.

Salah satu mitra yang diusung LPEI, Nita Rosima, pendiri PT Swarga Sang Juragan, mengatakan usaha yang dirintisnya selama ini mampu berkembang karena tidak lepas dari pendampingan dan pelatihan LPEI melalui Program Pelatihan Eksportir Baru (CPNE). ) .

Selain teh Telang yang sukses menembus pasar ekspor, produk lainnya yaitu pinang juga berhasil masuk ke Bangladesh melalui penandatanganan perjanjian penjualan dengan pembeli dalam rangka acara TEI 2022.

“Kami sangat berterima kasih kepada LPEI yang selalu mendukung kami dalam pertumbuhan selanjutnya. “Kami berharap LPEI dapat terus konsisten dan selalu terdepan dalam mendukung para pelaku UMKM seperti kami, serta membantu pasar dan menjalin hubungan dengan pembeli, seperti yang saat ini kami alami dengan mengikuti Trade Expo Indonesia 2022.” – kata Nita.

Sebagai mitra strategis, LPEI berpartisipasi dalam sejumlah acara pada Trade Expo Indonesia ke-37 2022 antara lain beasiswa kontak, konsultasi bisnis, dan pameran yang berlangsung pada tanggal 19 hingga 23 Oktober 2022.

Dalam TEI ini, LPEI mendatangkan 15 perwakilan dunia usaha dari CPNE, desa mata uang dan klien LPEI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *