Manfaat Menakjubkan Sumsum Tulang, Bisa Bantu Singkirkan Lemak Membandel

manfaat menakjubkan sumsum tulang bisa bantu singkirkan lemak membandel 821208e

kabarkutim.com Lifestyle: Dari mendukung kesehatan jantung hingga meningkatkan fungsi sendi, manfaat luar biasa dari sumsum tulang menjadikannya makanan super. Pelajari lebih lanjut tentang makanan padat nutrisi ini di artikel berikut. Scroll untuk membaca selengkapnya, dilansir dari berbagai sumber.

Sumsum tulang untuk kesehatan

Mungkin belum banyak yang tahu kalau manfaat sumsum tulang bagi kesehatan sangatlah luar biasa. Manfaat kesehatan sumsum tulang membuat hidangan ini populer di kalangan non-vegetarian. Saat ini sumsum tulang khususnya kembali populer di dunia kuliner.

Beberapa koki melihatnya sebagai makanan lezat, sementara para pecinta kesehatan memuji status makanan supernya. Di sini, kita akan melihat manfaat nutrisi dari sumsum tulang dan menemukan cara mudah untuk memasukkannya ke dalam makanan harian Anda.

Apa itu sumsum tulang?

Sumsum tulang adalah jaringan ikat berlemak kenyal yang terletak tepat di antara tulang seperti tulang pinggul, tulang paha, tulang belakang, dan paha. Ini berisi sel-sel khusus yang disebut sel induk yang berkembang menjadi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit, yang memainkan peran penting dalam transportasi oksigen, pembekuan darah, dan fungsi kekebalan tubuh.

Dalam berbagai masakan, masyarakat mengonsumsi sumsum tulang hewan seperti sapi, domba, karibu, dan rusa. Memiliki rasa yang kaya, sedikit manis dan tekstur yang halus, sumsum tulang sering disajikan dengan roti panggang atau digunakan dalam resep sup.

Ini adalah cara yang lezat untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan dan lebih enak bagi kebanyakan orang dibandingkan jeroan lainnya seperti otak, ginjal, jantung atau hati.

Sumsum tulang biasanya digunakan untuk membuat kaldu tulang, sup sayuran, dan lainnya, tetapi juga dapat digunakan dalam roti, hidangan daging, atau sayuran panggang lainnya. Manfaat kaldu tulang bagi manusia cukup besar.

Sumber terbaik adalah kaldu tulang pekat, yang memberikan manfaat kesehatan maksimal. Menurut Dr. Ben Carvoso, Dokter Kiropraktik dan pemilik MP Nutrition, mengatakan, “Saat membandingkan stok sumsum tulang dengan penggunaan sumsum tulang secara langsung, ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Ekstraksi dan konsentrasi nutrisi adalah yang paling penting.

Ablasi sumsum tulang melibatkan perebusan tulang dalam jangka waktu lama, yang dapat menghasilkan lebih banyak nutrisi terkonsentrasi dalam cairan, termasuk kolagen, mineral, dan lemak sehat. Proses ini memudahkan individu untuk menyerap nutrisi penting ini, yang mungkin lebih sulit jika mengonsumsi sumsum tulang secara langsung.

Nilai gizi sumsum tulang Kalori: 786 kkal Protein: 6,7 g Lemak: 84,4 g Besi: 4,5 mg Fosfor: 107 mg Tiamin: 0,04 mg Niasin: 0,2 mg Vitamin A: 240 IU Vitamin A : 240 UI

Apa manfaat kesehatan dari sumsum tulang?

Sumsum tulang tidak hanya merupakan tambahan yang lezat untuk berbagai hidangan, tetapi juga memberikan banyak manfaat kesehatan yang berkontribusi terhadap kesejahteraan secara keseluruhan. Daripada penasaran, simak manfaat khusus sumsum tulang untuk tubuh Anda di bawah ini.

Membangun sel induk dan memperbaiki sel yang rusak Meningkatkan kesehatan otak Membantu kesehatan usus dan pencernaan. Sumsum tulang berfungsi sebagai sumber glisin yang berharga, bahan utama untuk memperbaiki jaringan usus dan meningkatkan kesehatan usus, memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, keberadaan glisin telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik, sehingga konsumsi sumsum tulang memberikan manfaat tambahan.

Ini mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jaringan lemak di sumsum tulang mengandung hormon yang disebut adiponektin. Hormon ini membantu memecah lemak. Ini dapat menjaga sensitivitas insulin dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes, penyakit kardiovaskular (jantung), dan kanker terkait obesitas lainnya. Kadar adiponektin yang lebih tinggi berhubungan langsung dengan rendahnya risiko terkena diabetes dan penyakit kardiovaskular lainnya. Studi tersebut menemukan bahwa orang yang kelebihan berat badan memiliki kadar adiponektin yang lebih rendah, namun kadar hormon tersebut meningkat seiring dengan penurunan berat badan. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ia juga mengandung adiponektin, hormon protein yang membantu mengendalikan peradangan dan fungsi kekebalan tubuh. Sendi yang sehat. Mereka meningkatkan sintesis kolagen di tendon, sendi, tulang rawan dan ligamen, yang bermanfaat bagi penderita penyakit sendi seperti radang sendi dan rematik. Mengurangi nyeri sendi. Kolagen dan gelatin adalah suplemen yang sangat baik untuk meningkatkan fungsi sendi dan mengurangi nyeri sendi. Mengurangi peradangan. Glisin, protein yang ditemukan di sumsum tulang, memiliki sifat antiinflamasi yang kuat dan dapat membantu mengurangi peradangan kronis di tubuh. Sifat anti-inflamasi ini juga berperan potensial dalam mencegah kanker dan penyakit kardiovaskular. Selain itu, asam linoleat terkonjugasi (CLA), senyawa lain di sumsum tulang, telah terbukti mengurangi beberapa penanda peradangan dalam darah. Baik untuk diabetes. Sumsum tulang merupakan tambahan yang bagus untuk diet, terutama bagi penderita diabetes. Ini mengandung hormon protein langka yang disebut adiponektin, yang berperan penting dalam mengurangi risiko kanker terkait obesitas, resistensi insulin, dan diabetes. Kadar adiponektin yang ideal membantu menjaga kadar gula darah yang sehat dan meningkatkan sensitivitas insulin (.15 Meningkatkan kesehatan kulit. Kolagen, protein struktural penting untuk kesehatan kulit, ditemukan di sumsum tulang. Penelitian menunjukkan bahwa suplementasi kolagen dapat meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit .

Akhirnya

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar penelitian yang disebutkan di atas dilakukan dengan menggunakan suplemen pekat yang mengandung senyawa spesifik yang ditemukan di sumsum tulang. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah mengonsumsi sumsum tulang memberikan manfaat kesehatan yang serupa. Meski begitu, menambahkan sumsum tulang ke dalam makanan Anda bisa menjadi pilihan yang lezat dan bergizi untuk mendukung kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Bagaimana cara memasukkan sumsum tulang ke dalam makanan Anda?

Sumsum tulang dapat dengan mudah Anda temukan di pasar, toko daging, dan toko makanan kesehatan. Jika Anda baru mengenal sumsum tulang, pilihlah sumsum tulang sapi. Ini adalah pilihan yang bagus karena mudah ditemukan, ukuran tulangnya bagus, dan Anda mendapatkan manfaat tambahan dari kaldu tulang sapi untuk kesehatan. Selain itu, sumsum tulang dari hewan seperti karibu, domba, dan rusa sering disantap dalam berbagai masakan. Jangan salah, inilah perbedaan sedot lemak dan pembekuan lemak. Sedot lemak atau liposuction menjadi metode pilihan banyak orang untuk menghilangkan lemak dengan cepat. Selain sedot lemak, ada metode penyimpanan lemak lainnya. kabarkutim.com.co.id 23 Februari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *