Mau Kuliah Gratis? Intip Ragam Beasiswa yang Disediakan Unair Yuk

mau kuliah gratis intip ragam beasiswa yang disediakan unair yuk 201be30

kabarkutim.com.CO.ID, SURABAYA — Direktur Kemahasiswaan Universitas Irlandia (), prof. Hadi Shubhan mengatakan, pihaknya telah menyiapkan berbagai bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar angkatan 2024. Salah satunya adalah hibah pemerintah.

“Ada hibah pemerintah, seperti hibah premium perguruan tinggi dan KIP (Kartu Indonesia Cerdas),” ujarnya, Sabtu (27/1/2024).

Bacaan Lainnya

KIP-Kuliya merupakan salah satu beasiswa dengan kuota tertinggi bagi mahasiswa baru. Untuk mengajukan beasiswa ini, calon mahasiswa perlu mendaftar di laman KIP-Kuliyah dan memenuhi persyaratan lain seperti SKTM (Surat Keterangan Disabilitas).

Beliau menyampaikan, “Beasiswa yang paling mudah adalah beasiswa KIP-Kuliya karena hanya perlu mendaftar di halaman tersebut. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki SKTM atau KKS (Kartu Keluarga yang Ditendang).”

Selain KIP-Kuliya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga menawarkan beasiswa lain seperti beasiswa unggulan. Calon mahasiswa dapat mendaftar ketika sudah memulai studi atau paling lama semester 3.

Tidak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah juga memberikan kesempatan pendidikan bagi calon mahasiswa. Beasiswa tersebut antara lain Beasiswa Pemuda Tangguh Pemerintah Kota Surabaya, Beasiswa KJMU (Pemprov DKI Jakarta), dan Beasiswa Kepemimpinan Masa Depan Jawa Barat (JFLS).

Beasiswa pendamping

Peluang beasiswa lainnya datang dari mitra yang bekerja sama dengan UNAIR. Mitra tersebut antara lain Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta.

Beberapa beasiswa BUMN antara lain BRI SMART, Beasiswa Bank Indonesia, Program Better and Regularization, Beasiswa Pertamina dan Beasiswa Bank Syariah Indonesia. Sedangkan organisasi korporasi dan swasta antara lain Bakti BCA, Beasiswa VDMI, Jarum Bhakti Shiksha, Beasiswa BAZNAS Nasional dan Yayasan Karya Salemba Empath.

Pendaftaran beasiswa ini biasanya dilakukan setelah setidaknya dua semester studi. Hal ini dikarenakan Beasiswa Mitra memiliki persyaratan khusus. Misalnya prestasi, prestasi nilai, kinerja organisasi. Mengenai jalurnya, beasiswa dapat dibuka melalui perantara melalui mitra terkait atau Uniair.

“Biasanya kami serahkan ke fakultas melalui Uniair, karena terkadang beasiswa itu memerlukan arahan dan penilaian tertentu,” kata Hadi.

Beasiswa Uniair

Ia pun mengaku Yunair mempunyai beasiswa sendiri. Beasiswa ini diberikan kepada penghafal kitab suci semua agama yang ingin melanjutkan studi di Uniair.

Hadi mengatakan, “Kemudian ada juga beasiswa Tahfidz al-Qur’an. Bagi yang hafal lima ratus akan dibebaskan dari biaya pendidikan satu kali (UKT). Beasiswa ini diperuntukkan bagi penghafal kitab suci agama lain. Dan juga. berlaku.”

Beasiswa Uniair bukan sekedar biaya kuliah. Uniair memberikan diskon UKT kepada mahasiswa setiap semester. Pemberian bantuan ini merupakan bagian dari komitmen Uniair dalam membantu mahasiswa melanjutkan pendidikannya.

“Tidak ada alasan untuk tidak melanjutkan kuliah, baik finansial maupun lainnya, sehingga calon mahasiswa tidak boleh putus asa,” ujarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *