Mau Tingkatkan Produktivitas Kerja? Aroma Ini Dipercaya Bisa Membantu

mau tingkatkan produktivitas kerja aroma ini dipercaya bisa membantu 8d21a6b

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA – dipercaya mampu meningkatkan mood seseorang. Aroma tertentu membuat Anda bekerja dan berpikir lebih baik.

Pada Kamis (2 Januari 2024), Huffpost melaporkan bahwa para ahli wewangian berbagi alasan dan tips menemukan wewangian yang tepat untuk Anda.

Bacaan Lainnya

1. Aroma dapat membangunkan otak

Mark Moss, kepala departemen psikologi di Universitas Northumbria, yang telah mempelajari efek penciuman terhadap dan kognisi, mengatakan bau yang menyenangkan dikaitkan dengan kinerja yang lebih baik, mungkin karena suasana hati yang lebih baik. Pada saat yang sama, bau tidak sedap menghambat kinerja, kemungkinan disebabkan oleh suasana hati yang negatif.

Alasan penting lainnya mengapa bau membantu kita bekerja lebih baik adalah cara bau berkomunikasi dengan otak. Bola penciuman, yang berada di belakang hidung dan memproses indera penciuman Anda, “memberikan proyeksi ke lebih banyak area otak dibandingkan organ sensorik lainnya,” kata Moss.

“Bau terdiri dari senyawa kecil yang mudah menguap dan ketika kita menghirupnya, bau tersebut berakhir di paru-paru kita. Di sini, mereka memasuki aliran darah dan dikirim langsung ke otak,” kata Moss.

Karena molekul-molekul ini kecil, mereka dapat melewati sawar darah-otak dan bertindak langsung pada sistem neurokimia otak, katanya. Dengan kata lain, saat Anda menarik napas, hal itu dikirim ke otak Anda dengan cepat.

2. Aroma herbal khususnya dapat membantu konsentrasi

Lumut memuji peppermint saat Anda perlu fokus. Selain itu, rosemary dan sage memiliki senyawa yang telah ditunjukkan dalam penelitian untuk meningkatkan kemampuan kita mengingat sesuatu.

“Mungkin tidak mengherankan, aroma yang menenangkan seperti lavendel dan kamomil tidak disarankan,” kata Moss.

Loreto Remsing, pembuat parfum yang tinggal di Novato, California, mengatakan bahwa ketika dia ingin produktif di tempat kerja, dia secara pribadi beralih ke wewangian luar ruangan yang segar. Ini menghasilkan aroma mint, kayu putih, jeruk, tumbuhan runjung dan rempah-rempah seperti ketumbar dan rosemary.

Aroma lain yang dia rekomendasikan untuk orang lain yang ingin fokus adalah kemangi. Jika Anda ingin mencobanya sendiri, Remsing merekomendasikan semprotan revitalisasi dengan campuran minyak esensial basil, bergamot, dan jeruk bali merah muda yang diencerkan dalam air suling.

“Anda bisa menggunakan 10 hingga 20 tetes minyak esensial dalam empat ons air suling.

3. Dapat membantu Anda mengingat bau baru

Michael Leon, ahli neurobiologi di University of California, Irvine, mengatakan bahwa jika Anda ingin meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, sering-seringlah terpapar berbagai macam aroma. “Orang mungkin menyukai aroma tertentu di tempat kerja atau di rumah, namun mereka perlu memaparkan diri mereka pada berbagai aroma dari waktu ke waktu untuk mendapatkan manfaat kognitif,” kata Leon.

Jika Anda ingin menerapkan temuan ini dalam kehidupan sehari-hari, perhatikan aroma menarik dan baru yang Anda temui setiap hari. Hal ini dilakukan oleh Tracy Wan. Wan, seorang penulis dan konsultan wewangian yang tinggal di Toronto, mengatakan bahwa dia tidak memiliki wewangian yang tepat untuk pekerjaan produktif, namun tindakan sederhana dengan mencium sesuatu yang baru membantu mempertajam fokusnya, yang berdampak positif pada cara dia bekerja.

Wan sering melakukan ini saat menguji beberapa aroma dalam seminggu. Wan mengasosiasikan rosemary dan sage dengan kesegaran dan ruang terbuka, membantunya merasa segar dan fokus, namun mengakui bahwa keduanya bisa menjadi rapuh dan psikotik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *