Mending Beli Mobil Baru atau Bekas? Pertimbangkan Plus Minus Ini

mending beli mobil baru atau bekas pertimbangkan plus minus ini 7da2de5

kabarkutim.com.CO.ID, JAKARTA – Saat ingin membeli mobil, salah satu pertimbangannya adalah baru atau bekas. Tentu saja, setiap pilihan mempunyai konsekuensinya.

Pengguna dapat membandingkan penawaran dari setiap opsi. Berikut kelebihan dan kekurangan membeli bekas atau baru, seperti dilansir CNBC, Minggu (25/2/2024).

Bacaan Lainnya

Kelebihan dan

Mobil bekas mungkin tidak berbau seperti , tapi bisa menghemat uang. Selain itu, depresiasi atau amortisasi harga lebih sedikit, yang berarti harga jual lebih rendah.

Terlalu banyak

Mobil bekas biasanya lebih murah. Menurut Laporan Pasar Keuangan Mobil kuartal ketiga tahun 2023 Experian, pembayaran pinjaman bulanan rata-rata untuk mobil baru adalah $726, dibandingkan dengan $533 untuk mobil bekas. Namun suku bunga kredit mobil bekas (11,35 persen) lebih tinggi dibandingkan suku bunga mobil baru (7,03 persen).

Jika pembayaran bulanan merupakan faktor penting bagi pembeli, mobil bekas mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Selain itu, harganya pun lebih murah.

Pengeluaran lain yang dapat menghemat uang Anda adalah asuransi mobil. Umumnya asuransi mobil bekas lebih murah dibandingkan asuransi mobil baru, apalagi jika Anda memiliki asuransi komprehensif. Dengan meningkatnya tarif asuransi mobil, penting untuk mengingat hal ini, terutama karena asuransi mobil merupakan biaya berkelanjutan.

Kendaraan terdepresiasi, artinya kehilangan nilainya seiring berjalannya waktu. Menurut Kelly Blue Book, sebuah mobil baru kehilangan 20 persen nilainya pada tahun pertama pembelian.

Dalam lima tahun pertama, angka ini meningkat menjadi 60 persen. Artinya, konsumen (secara teori) bisa membeli mobil berumur satu tahun dan hanya membayar 80 persen dari harganya.

Selain itu, tingkat penyusutannya berkurang setelah kendaraan mencapai jarak 100.000 kilometer. Depresiasi kendaraan adalah salah satu faktor paling berpengaruh yang mempengaruhi nilai kendaraan dalam jangka panjang. Tingkat penyusutan yang tinggi dapat menyebabkan hilangnya nilai dengan cepat. Akibatnya, konsumen bisa mendapatkan pinjaman terbalik, yang berarti mereka berhutang lebih banyak daripada nilai mobilnya.

Kerusakan mobil bekas ada di halaman berikutnya…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *