Mengejutkan, Ilmuwan Temukan Fakta Bumi Pernah Berbentuk Datar

mengejutkan ilmuwan temukan fakta bumi pernah berbentuk datar 63c3b78

JAKARTA – Perdebatan antara dan datar menjadi sangat bermanfaat. Baru-baru ini, ilmuwan Dr. Dimitris Stamatellos menyadari bahwa bumi dulunya datar. Dia terkejut dengan hasilnya.

“Kami telah mempelajari pembentukan sejak lama, tapi kami tidak pernah berpikir untuk memeriksa bentuknya melalui simulasi. Kami selalu berasumsi bahwa planet itu bulat. Kami sangat terkejut saat mengetahui bahwa itu adalah ellipsoid pepat. dari oblate.permen!” kata dokter. Dimitris Stamatellos dari University of Central Lancashire (UCLan), The Greek Correspondent melaporkan pada Rabu (2 Juli 2024).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Bumi datar ini mungkin sudah tercipta miliaran tahun lalu. Itu sebuah planet, Dr. kata dr. Dimitris Stamatellos terbentuk dari piringan protoplanet, cincin debu dan gas yang mengelilingi bintang. Namun bagaimana hal ini terjadi masih menjadi perdebatan. Teori yang paling umum diterima disebut pertambahan inti, di mana partikel debu mulai menggumpal, membentuk objek yang semakin besar hingga tumbuh menjadi planet.

Stabilitas piringan, model yang kurang populer namun masih memungkinkan, diyakini terjadi lebih cepat ketika piringan mendingin dan hancur menjadi gumpalan yang membentuk planet.

Untuk studi baru ini, Dr. Tim UClan, yang dipimpin oleh Dr. Dimitris Stamatellos, menjalankan simulasi superkomputer pembentukan planet untuk menyelidiki aspek yang sebagian besar terabaikan: seperti apa bentuk planet muda?

Hasilnya, para peneliti menemukan melalui metode stabilitas cakram bahwa ketika planet terbentuk, mereka cenderung mengumpulkan lebih banyak material di kutub dibandingkan di ekuator, dibandingkan tumbuh secara merata ke arah luar seiring berjalannya waktu dan mempertahankan bentuk bola. Ia memiliki “ellipsoid oblate,” yang merupakan bentuk oval agak pipih. Saat planet muda ini tumbuh, ia akhirnya mengambil bentuk bola yang biasa kita kenal.

Meski masih sebatas simulasi, tim mengatakan mengamati planet-planet muda untuk melihat apakah mereka memiliki bentuk yang tidak biasa dapat membantu mengkonfirmasi atau mengesampingkan metode pembentukan planet yang stabil.

Para peneliti menindaklanjuti penemuan ini dengan menggunakan model komputer untuk memeriksa bagaimana lingkungan tempat mereka terbentuk mempengaruhi bentuk planet dan menentukan komposisi kimianya, membandingkannya dengan pengamatan menggunakan James Webb Space Telescope (JWST).

Saat ini, observasi planet muda dapat dilakukan melalui fasilitas observasi seperti ALMA (Atacama Large Millimeter Array) dan VLT (Very Large Telescope).

Bumi Datar merupakan konsep kuno dan terbantahkan secara ilmiah bahwa bentuk Bumi adalah piringan atau piringan datar. Konsep bumi bulat muncul pada filsafat Yunani kuno dan Pythagoras (abad ke-6 SM). Namun, sebagian besar masyarakat Pra-Socrates (abad ke-6 hingga ke-5 SM) tetap mempertahankan model Bumi datar.

Pada awal abad ke-4 SM, Plato menulis bahwa Bumi berbentuk bola. Sekitar tahun 330 SM, muridnya Aristoteles menyajikan bukti empiris yang meyakinkan tentang Bumi bulat. Pengetahuan tentang bentuk bumi secara keseluruhan mulai menyebar ke luar dunia Helenistik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *