Mengenal Fistula Palatum, Luka Terbuka di Langit-langit Mulut

mengenal fistula palatum luka terbuka di langit langit mulut b34999f

kabarkutim.com Gaya Hidup – Fistula palatal adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika terdapat celah atau lubang yang menghubungkan langit-langit mulut (palatum) dengan rongga hidung atau sinus paranasal. Kondisi ini sering terjadi akibat cacat lahir (bawaan) atau kerusakan atau pembedahan pada langit-langit mulut.

Penyebab dan jenis fistula palatal

Fistula palatal kongenital, terdiri dari berbagai sumber, muncul selama perkembangan janin di dalam rahim. Dalam beberapa kasus, selama pembentukan embrio, langit-langit mulut tidak menutup sempurna, sehingga menyebabkan terbentuknya lubang atau celah antara langit-langit mulut dan rongga hidung.

Selain itu, fistula palatal juga bisa terjadi akibat trauma, infeksi, atau operasi pada langit-langit mulut. Misalnya, kerusakan parah pada langit-langit mulut atau pembedahan di area tersebut dapat menyebabkan terbentuknya fistula.

Gejala dan Efek Fistula Palatal

Beberapa gejala yang mungkin berhubungan dengan fistula palatal meliputi:

Kesulitan berbicara dan menelan: Lubang terbuka antara langit-langit mulut dan rongga hidung dapat menyebabkan masalah dalam menelan makanan atau minuman, serta kesulitan berbicara secara normal.

Infeksi berulang: Fistula langit-langit mulut dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, sehingga menyebabkan infeksi berulang di area tersebut.

Ketidaknyamanan hidung: Terkadang cairan atau makanan bisa masuk ke rongga hidung melalui fistula dan menyebabkan ketidaknyamanan.

Diagnosis dan pengobatan

Untuk mendiagnosis fistula palatal, dokter biasanya melakukan pemeriksaan fisik dan riwayat kesehatan pasien. X-ray atau pencitraan lainnya mungkin diperlukan untuk melihat lebih jelas keberadaan fistula.

Perawatan untuk fistula palatal biasanya melibatkan pembedahan untuk menutup lubang atau rongga tersebut. Operasi ini bisa berbeda-beda tergantung ukuran dan lokasi fistula. Dokter bedah plastik atau spesialis bedah mulut akan menentukan metode terbaik untuk menutup fistula palatal.

Prognosis dan perawatan pasca operasi

Pemulihan setelah operasi membutuhkan waktu. Pasien mungkin diharuskan menghindari makanan tertentu atau menjalani perawatan khusus untuk memudahkan proses penyembuhan. Prognosis setelah operasi fistula palatal umumnya baik, dan dengan pengobatan yang tepat, sebagian besar pasien dapat sembuh total.

Hasil

Fistula langit-langit merupakan penyakit yang memerlukan perhatian medis. Meski dapat menyebabkan infeksi pada bicara, menelan, dan rongga hidung, sebagian besar fistula palatal dapat diobati dengan baik dengan bantuan dokter dan pembedahan yang tepat.

Sebuah studi tentang penyembuhan bekas luka pasca operasi pada bibir sumbing dan fistula langit-langit

Baru-baru ini, Lets Share Indonesia bermitra dengan Cleft Craniofacial Center (CCC) RSCM-FKUI mengadakan webinar edukasi perbaikan bekas luka pasca operasi fistula bibir dan palatal. Tujuannya adalah untuk mengatasi kekhawatiran dan memberikan harapan kepada orang tua dan pasien sumbing dewasa.

Dalam webinar tersebut disebutkan bahwa kualitas hasil operasi bibir sumbing bergantung pada teknik pembedahan yang digunakan dokter dan perawatan luka orang tua di rumah. Dalam kasus yang jarang terjadi, kita masih dapat menemukan hasil yang kurang baik seperti bekas luka yang terlihat, bibir dan hidung yang tidak simetris, munculnya celah langit-langit (palatal fistula) dan ketenangan bicara melalui hidung bahkan setelah operasi penutupan sumbing.

Konsultan kraniomasilofasial ahli bedah plastik CCC RSCM Dr. Ph.D. Kristaninta Bangun, Sp. B.P.R.E., Subsp. K.M.(K) menyampaikan bahwa webinar edukasi seperti ini sangat dibutuhkan dan kehadiran Lets Share Indonesia sangat membantu.

“Saya memberikan edukasi tentang pemulihan bekas luka operasi bibir dan fistula langit-langit. Jadi kita punya banyak kasus seperti ini. Kalau niatnya membantu, menurut saya semakin banyak orang yang melakukannya, semakin baik. hanya kami saja Kesimpulannya “Semakin banyak pasien yang mencari hasil bedah terbaik, sehingga terkadang perlu adanya edukasi kepada masyarakat,” kata dr Christa dalam webinar pada Sabtu, 16 Desember 2023.

Dalam webinar edukasi yang diadakan dengan jumlah peserta terbatas ini, pesertanya didominasi oleh ibu-ibu yang anaknya sedang atau akan menjalani operasi. Krista.

Akhirnya, dr. Krista mengapresiasi webinar edukasi yang diadakan Lets Share Indonesia dan berharap para peserta yang mengikuti webinar dapat mengambil manfaat dari ilmu dan informasi yang diberikan.

“Terima kasih kepada tim Lets Share Indonesia yang telah bekerja keras dan membantu begitu banyak pasien kelainan bibir sumbing. Semoga Allah SWT membalasnya dengan segala kebahagiaan dan pahala yang melimpah,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, pendiri dan presiden Lets Share Indonesia, dr. Dr Rininta Christabela Christa bersedia meluangkan waktu untuk berbagi ilmunya.

“Dr. Krista, terima kasih telah meluangkan waktu untuk berbagi ilmu kepada para peserta webinar,” ujar Dr. Bella itu. Faktanya, Denada mengaku telah menghabiskan dana ratusan juta untuk operasi plastik di Korea Selatan karena hal tersebut, dan banyak selebriti Tanah Air seperti Denada yang diketahui pernah menjalani operasi plastik di Korea Selatan. kabarkutim.com.co.id 4 Januari 2024

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *