Mengulik Mesin Berteknologi SEP-α Milik Suzuki Burgman Street 125 EX

mengulik mesin berteknologi sep α milik suzuki burgman street 125

kabarkutim.com.com, Jakarta – Burgman Street 125EX menggunakan Suzuki Eco Performance Alpha (SEP-α). Ini merupakan jenis skuter matik yang pertama.

Dengan tambahan Engine Auto Stop-Start (EASS), sistem idle stop dan Silent Start System. SEP-α diklaim memberikan performa berkendara yang mulus.

Bacaan Lainnya

Ruang Pembakaran Mesin

Optimalisasi bentuk lubang masuk mesin dilakukan untuk meningkatkan laju aliran campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar.

Hal ini dipadukan dengan desain chamber, teknologi analitik sehingga menghasilkan aliran pusaran yang efektif dalam pencampuran dan pengendalian kecepatan pembakaran.

Menurut Suzuki, hasil keseluruhan dari kombinasi ini adalah terciptanya pembakaran bersih dengan efisiensi prima untuk meningkatkan performa dan memenuhi standar emisi Indonesia.

Suzuki M-Squish

Mesin juga menggunakan ruang bakar berbentuk M (squish). Tujuannya untuk menciptakan aliran tekanan pada ruang bakar.

Dikombinasikan dengan lubang berbentuk pisang pada salurannya, menciptakan kondisi pembakaran yang baik. Dengan kata lain dengan menggunakan efek sinergis aliran tekanan dan aliran pusaran campuran udara dan bahan bakar.

Kontinuitas pengoperasian pengapian injeksi bahan bakar, berkontribusi terhadap efisiensi pembakaran yang signifikan dan memenuhi standar emisi.

Kontrol penyaluran bahan bakar juga dilakukan secara presisi sehingga memudahkan Anda menghidupkan mesin lebih cepat.

Bahkan dalam cuaca dingin. Pabrikan juga mengoptimalkan bentuk katup masuk, dengan talang dua lapis dan batang tekan.

Hal ini meningkatkan efisiensi sistem bahan bakar secara keseluruhan. Konsumsi bahan bakar di Burgman Street EX125 hanya 1,9 liter per 100 km (52,6 km/liter) dan emisi CO2 hanya 44 g/km dalam pengujian mode WMTC dan EASS aktif.

Posisi katup masuk yang dibuat lurus dan sudut antar katup yang relatif sempit berkontribusi terhadap efisiensi penggunaan dan menciptakan rasio kompresi mesin yang relatif tinggi (10,3:1).

Suzuki juga telah mengambil langkah-langkah untuk mengurangi gesekan dan kemungkinan kehilangan mekanis. Oleh karena itu mencapai kinerja yang lebih baik dan menghasilkan tenaga pada rpm tinggi.

Misalnya desain piston dan pin piston sudah dioptimalkan, lalu penggunaan ring piston dengan drag rendah. Letak roller arm roller dan komponen lainnya disuplai oli secara merata.

Upaya lain dilakukan teknisi Suzuki untuk mengurangi bobot setiap komponen. Hal ini menghasilkan mesin yang ringan dan kompak dengan berat hanya 32,5 kg.

Manfaat yang dihasilkan tidak hanya mencakup efisiensi bahan bakar yang lebih besar, performa dan akselerasi yang lebih baik. Tapi itu juga berkontribusi pada penanganan dan kemampuan manuver yang lincah.

Mereka ingin menciptakan keseimbangan berkendara. Kemudian optimasi juga dilakukan pada CVT yang memberikan akselerasi memuaskan di rpm rendah. Kalau tidak, tidak perlu membuka throttle terlalu banyak.

“Konsep keseluruhan Burgman Street 125EX ini elegan. Lalu secara desain tentu kenyamanan menjadi bagian penting yang dijaga. Misalnya saja dek sepeda motor yang lebar (untuk kenyamanan kaki) dan keseimbangan saat berkendara. Sekali lagi kalau kita Bicara konsep desain, Street 125EX dari awal menunjukkan kemewahan dan keanggunan seperti terlihat pada grafik ini, “Jadi naik ke level berkelas,” kata Shuji Matsuzawa, SMC Styling Design Group Assistant Manager.Orang penting menjaga Burgman Street 125 EX.

Sumber: Oto.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *