Menkominfo Terbitkan Surat Edaran Atur Etika Penggunaan AI untuk PSE Lingkup Publik dan Privat

menkominfo terbitkan surat edaran atur etika penggunaan ai untuk pse lingkup publik dan privat f292b5b

Reporter Tribune News, Raines Abdella melaporkan

kabarkutim.COM, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Setiyadi mengeluarkan Surat Pernyataan (SE) tentang etika penggunaan dan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI).

Bacaan Lainnya

Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 Tahun 2023 mempunyai 3 kebijakan tentang etika kecerdasan buatan yaitu: nilai etika, penerapan nilai etika, tanggung jawab.

Ia mengatakan dalam konferensi pers bahwa Kantor Pers Kementerian Elektronika (PSE) menyebutkan Pengusaha yang terlibat dalam kegiatan pemrograman kecerdasan buatan di sektor publik dan swasta. Komunikasikan kami.” dan informasi, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023).

Budi Iri menegaskan, nilai inklusi, akses, keamanan, kemanusiaan, serta keandalan dan tanggung jawab dalam penggunaan AI harus menjadi prinsip panduan bagi PSE publik dan swasta.

Menkominfo menjelaskan, SE merupakan bentuk respon terhadap pesatnya penggunaan kecerdasan buatan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia berharap PSE dapat menjadikan ini sebagai pedoman etika dalam pengembangan dan penggunaan AI.

“Khususnya dalam mengembangkan dan membuat kebijakan internal mengenai informasi kecerdasan buatan dan etika internal,” ujarnya.

Menteri Informasi dan Komunikasi mengatakan: PSE di sektor publik dan swasta harus menyadari tanggung jawabnya dalam mengembangkan dan memanfaatkan tiga aspek.

“Pertama, memastikan AI tidak digunakan sebagai pengambil kebijakan dan/atau pengambil keputusan atas manusia,” jelasnya.

Kedua, memberikan informasi terkait perkembangan teknologi berbasis kecerdasan buatan yang dilakukan pengembang untuk mencegah dampak negatif dan kerusakan dari teknologi yang dihasilkan.

“Dan ketiga, memperhatikan manajemen risiko dan manajemen krisis dalam pengembangan AI.” dia berkata.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *